Ada “Dunia Tersembunyi” dalam Inti Bumi yang Ditemukan Oleh Ilmuan
Ilmuwan temukan dunia tersembunyi dalam inti bumi (Mashable)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dunia baru yang tersembunyi dalam inti bumi telah ditemukan oleh para ilmuan belakangan ini. Temuan tersebut didapat peneliti ketika mempelajari riak gelombang gempa yang bergerak melalui Bumi.

Melansir SputnikNews, studi baru tersebut sudah diterbitkan di jurnal Physics of the Earth and Planetary Interiors pada 20 September telah mengubah konsensus yang mengelilingi kepercayaan lama bahwa inti dalam Bumi adalah bola besi padat yang dikelilingi oleh inti luar cair yang sangat panas.

“Dunia Tersembunyi” dalam Inti Bumi

“Semakin kita melihatnya, semakin kita menyadari bahwa itu bukan gumpalan besi yang membosankan,” kata Jessica Irving selaku seismolog dari University of Bristol di Inggris, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan kepada Live Science. “Kami menemukan dunia tersembunyi yang sama sekali baru.”

Penelitian itu menganalisa bagaimana gelombang bergeser yang dibuat oleh gempa yang bergerak lewat dunia ke inti Bumi yang tak dapat dilewati oleh manusia ataupun mesin.

Distribusi gelombang seismik dari gempa bumi yang dioperasikan sebagai semacam “sonar” menolong para peneliti seperti Rhett Butler, dari Universitas Hawaii dan rekannya Seiji Tsuboib yang berprofesi di Sentra Sains dan Teknologi Info Bumi Jepang. Mereka “memperhatikan” kedalaman planet secara mendetail.

Butler mengatakan kepada Science Daily bahwa penelitian ini lebih dari sekadar minat akademis dan menjelaskan “komposisi, sejarah termal, dan evolusi Bumi.”

Meski begitu, para ilmuwan belum memaparkan secara terperinci “dunia yang tersembunyi” di dalam inti bumi tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Ilmuwan Temukan “Dunia Tersembunyi” dalam Inti Bumi, saatnya merevolusi pemberitaan!