Objek Misterius yang Dikira Alien Oleh China di Bulan Namun Rupanya
Penjelajah China di Bulan, ternyata hanya menemukan batu. (foto Badan Antariksa Nasional China (CNSA))

Bagikan:

YOGYAKARTA - Diketahui robot tersebut telah mendeteksi objek itu yang ternyata hanya sebuah batu, padahal akhir tahun lalu, penjelajah China yang dijuluki Yutu-2 telah menemukan objek aneh berbentuk kubus di Bulan.

Objek aneh yang dijuluki "mystery house" itu diketahui muncul di gambar yang diambil oleh Yutu-2 pada November 2021. Mengetahui hal ini, Badan Antariksa Nasional China (CNSA) langsung mengerahkan robot penjelajah untuk melihat objek tersebut lebih dekat.

Dari sudut pandang Yutu-2 yang beberapa ratus meter jauhnya pada bulan November itu, objek aneh tersebut tampak seperti sebuah bangunan kecil dengan atap datar. Bintik gelap di tengah memberinya semacam tempat berlindung.

Dikira Alien Oleh China

Tentu saja menemukan sesuatu yang unik di sisi jauh Bulan akan menjadi penemuan paling ditunggu-tunggu semua ilmuwan. Ini seperti sesuatu yang keluar dari 2001: A Space Odyssey.

Namun, saat sudah menempuh perjalanan lebih dari seribu meter alias 3.280 kaki. Ternyata, tidak ada monolit alien dalam jangkauan visual Yutu-2. Setelah mendekat ke objek aneh itu, ternyata hanya batu yang tak ternilai harganya di Bumi, dan tampilan geometris pada objek itu berkat kombinasi lokasi, sudut, dan bayangan.

Dengan terkecohnya Yutu-2 pada objek aneh seperti ini, menunjukkan betapa sedikitnya pengetahuan kita tentang benda-benda langit, sebagaimana dikutip dari Extreme Tech, Selasa, 11 Januari.

Tak hanya CNSA, sebelumnya NASA juga pernah melihat benda aneh berbentuk formasi di permukaan Planet Mars, tetapi ketika robot penjelajah mendekat, ternyata itu hanyalah batu aneh yang juga tak berharga.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Objek Misterius yang Dikira Alien Oleh China di Bulan, Ternyata.., saatnya merevolusi pemberitaan!