Berita Teknologi: Permudah Akses Edukasi NFT, TokoMall Kenalkan Tampilan dan Domain Teranyar
TokoMall kenalkan tampilan dan domain baru (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform marketplace Non-fungible token (NFT), TokoMall menghadirkan tampilan dan domain website baru untuk mempermudah akses dan layanan edukasi kepada masyarakat mengenai tren NFT yang sedang naik daun.

"Sejak hadir Agustus tahun lalu, kami terus melakukan improvisasi secara berkala dan terbuka dengan feedback dari para pengguna atas platform kami. Awal tahun ini, kami hadir dengan tampilan dan domain website baru yang bisa diakses di www.tokomall.io,” kata Thelvia Vennieta, Head of TokoMall dalam siaran resmi, Jumat.

Non-fungible token (NFT) dan Metaverse menjadi perbincangan masyarakat, melihat data pencarian keywords “NFT” di Google Trend Indonesia pada rentang waktu Januari 2021 - Januari 2022 terdapat kenaikan lebih dari 100 persen.

TokoMall Kenalkan Tampilan dan Domain Teranyar

Fungsi NFT antara lain sebagai bukti kepemilikan berbentuk digital, dan untuk memilikinya pengguna menukarkan fungible token seperti ETH, BSC, BNB, ataupun TKO. Bentuk utilitas NFT juga bermacam-macam seperti akses play-to-earn game, collectible items, merchandising, ticketing, dan lainnya.

Di Indonesia, banyak proyek NFT berbasis komunitas yang telah menarik perhatian dunia seperti Superlative Secret Society, Avarik Saga, Shark Outlaw Squad, Debbie Tea, dan lainnya. Indonesia juga memiliki platform NFT marketplace untuk mendukung ekosistem NFT yang lebih matang, salah satunya adalah TokoMall.

TokoMall melihat, NFT memiliki potensi besar karena ekosistem blockchain yang terus bertumbuh hingga jumlah pelaku kreatif berbakat Indonesia yang sangat besar dan beragam seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Thelvia mengatakan potensi yang besar itu harus diseimbangkan dengan edukasi yang tepat untuk masyarakat yang tertarik dengan NFT sebagai kreator ataupun kolektor.

“Masih ada jarak antara awareness dan pemahaman meskipun tren NFT ini meningkat di masyarakat. Hal ini menjadi tantangan buat kami sebagai salah satu pelaku industri untuk memastikan edukasi ini tersampaikan secara baik dan tepat, dengan informasi yang kredibel tentunya," kata Thelvia.

Tampilan baru itu akan hadir dalam beberapa fase. Pertama menyoroti fitur “Featured Partner” yang berisikan deretan official partner terkini dari TokoMall, “Kreator Unggulan” yang berisikan list kreator dengan nominal transaksi terbanyak di TokoMall, serta “Berita & Informasi” yang berisikan berita terkini terkait NFT dan blockchain di Indonesia maupun dunia.

Tampilan baru itu diharapkan bisa memudahkan navigasi para kolektor yang ingin menjelajahi TokoMall dan menjadi nilai tambah bagi partner yang bekerja sama.

“Kini kami telah terintegrasi dengan WalletConnect dan Metamask sehingga cukup masuk dengan wallet tersebut, siapapun sudah bisa melakukan transaksi di TokoMall. Transaksi NFT seperti minting ataupun koleksi akan lebih terjangkau dengan biaya gas fee yang lebih murah,” ujar Thelvia.

TokoMall memiliki lebih dari 80 partner, lebih dari 9,000 kolektor, dan lebih dari 8,000 koleksi NFT. Setiap bulannya, TokoMall aktif menghadirkan kelas-kelas edukasi NFT dengan komunitas dan kreator yang diadakan di akun Youtube Tokocrypto maupun diskusi di channel Discord.