Berita: Gunung Kidul Targetkan Vaksinasi Anak Dosis Pertama Rampung Januari
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Gunung Kidul. ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Vaksinasi COVID-19 usia 6-11 tahun dosis pertama 56.586 anak selesai hingga akhir Januari 2022 yang ditargetkan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kami mentargetkan paling lambat akhir Januari, vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi anak usia 6-11 tahun selesai. Kami masih tetap mengupayakan minggu ketiga ini selesai," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Minggu.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Gunung Kidul, capaian vaksinasi anak 6-11 tahun dosis pertama sudah mencapai 49 persen dari total target 56.586 anak

Vaksinasi Anak Dosis Pertama Rampung Januari

Saat ini, Dinas Kesehatan secara intensif melakukan percepatan vaksinasi 6-11 tahun dilakukan dengan dukungan seluruh puskesmas, TNI, Polri dan Binda DIY. Sedangkan untuk vaksinasi booster, Dewi mengatakan prosesnya menyesuaikan situasi karena saat ini belum jadi prioritas.

"Kami masih memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi anak 6-11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi booster menyesuaikan dengan ketersediaan stok vaksin," katanya.

Dewi mengakui sumber daya manusia tenaga kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun dalam waktu bersamaan tidak mungkin dapat dilaksanakan. Sehingga, Dinas Kesehatan tetap memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi untuk anak untuk mendukung pembelajaran tatap muka.

Ia mengatakan program vaksinasi booster difokuskan pada kelompok lansia, warga rentan, serta petugas pelayanan publik. Namun saat ini lansia jadi prioritas booster. Diperkirakan ada 124 ribu lansia di Gunung Kidul yang akan menerima vaksin booster.

"Jumlah ini bersifat tentatif karena menyesuaikan dengan kondisi penyakit bawaan lansia," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.