Kenapa Penting Menghargai Diri Sendiri Lewat Self Reward?
Ilustrasi (Celine/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Self reward, atau aktivitas menghadiahi diri sendiri, bagi beberapa besar orang terkesan terlalu memanjakan diri dan selfish. Sedangkan sesungguhnya tak karena aktivitas ini bisa menolong  menjaga kesehatan mental dan menyemangati Anda berprofesi lebih keras dan lebih bagus lagi, serta bisa meningkatkan kepuasan diri sendiri. 

Selengkapnya, berikut sebagian alasan pentingnya self reward sesudah kerja keras yang Anda lakukan, menginfokannya HerWorld, Rabu, 18 Mei.

Memberi perasaan bahagia

Bayangkan Anda mendapatkan hadiah barang yang diidamkan, makanan lezat, atau liburan ke luar negeri selama seminggu. Bagaimana perasaan Anda tentang hal ini? Sangat mendebarkan dan membahagiakan pastinya. Itulah yang akan Anda rasakan saat melakukan self reward, perasaan jadi lebih bahagia. 

Saat mendapatkan hadiah (self reward), otak akan melepaskan zat kimia yang disebut dopamin, inilah yang membuat Anda merasa lebih positif dan bahagia. 

Memberi kekuatan positif

Menurut artikel dari JMC Academy, rewards dapat menjadi salah satu cara bagus untuk memotivasi Anda bekerja lebih keras lagi dalam mencapai tujuan tertentu. Ketika suatu perilaku diikuti oleh hasil yang menyenangkan, Anda cenderung akan mengulangi perilaku tersebut dan inilah yang disebut sebagai penguatan positif. 

Artinya, ketika bekerja keras lalu mendapatkan reward menyenangkan, Anda akan mengulangi sikap kerja keras tersebut untuk mendapatkan reward lainnya di kemudian hari. Menghubungkan kerja keras dengan memberi reward secara efektif sangat baik untuk memberi motivasi.

Meningkatkan self-esteem

Selain dapat membuat perasaan lebih bahagia, self reward juga dapat membantu meningkatkan harga diri (self-esteem). Pasalnya, memberikan reward dapat memvalidasi harga diri. Ini memberitahu bahwa Anda berharga dan perasaan senang itu layak diterima. Jadi, memberikan hadiah kecil dapat membantu meningkatkan harga diri sendiri.

Melepas penat dan stres

Melakukan self reward juga bisa menjadi salah satu cara bagus untuk membantu melepaskan penat dan stres. Setelah memanjakan diri, itu akan memberikan perasaan dan energi positif yang bisa membuat Anda merasa lebih siap beraktivitas lagi dengan pikiran yang lebih segar, lebih fokus, dan lebih percaya diri. 

Melakukan aktivitas dan pekerjaan menjadi lebih mudah jika Anda tidak dalam kondisi stres, bukan?

Artikel ini telah tayang dengan judul: Mengapa Penting Menghargai Diri Sendiri Lewat Self Reward?