Berita Teknologi:  Elon Musk Diyakini Dapat Kandaskan Saham Twitter karena Akun Bot dan Spam
Akun bot dan spam di Twitter butuh pengungkapan.(foto; dok.pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Elon Musk mungkin menemukan cara untuk membuktikan klaimnya bahwa akun spam di platform Twitter Inc secara signifikan lebih tinggi daripada yang diperkirakan perusahaan media sosial itu. Ini membuktikan bahwa CEO Tesla dan investor akan sulit tertipu oleh klaim dari Twitter.  

Musk membuat cuitan pada Selasa, 17 Mei bahwa kesepakatan 44 miliar dolar AS (Rp636,6 triliun) untuk mengakuisisi Twitter tidak dapat dilanjutkan sampai perusahaan menunjukkan bukti untuk mendukung perkiraannya bahwa akun spam di Twitter kurang dari 5% dari basis penggunanya. Dia mengatakan bahwa dia yakin angka itu setidaknya empat kali lebih besar dari klaim CEO Twitter Parag Agrawal dan dia akan "mengalahkan bot atau mati saat mencobanya."

Sementara peneliti independen telah memproyeksikan bahwa 9% hingga 15% dari jutaan profil Twitter mungkin adalah bot.

karena Akun Bot dan Spam

Twitter sendiri telah mengatakan dalam pengajuan peraturannya bahwa mereka menerapkan "penilaian signifikan" dalam menghasilkan perkiraan dan telah memperingatkan bahwa pengungkapannya mungkin tidak secara akurat mewakili jumlah sebenarnya dari akun spam yang ada.

Penafian inilah yang memberikan perlindungan Twitter terhadap tuntutan hukum potensial, baik dari Musk atas kesepakatan atau pemegang saham atas keakuratan pernyataan peraturan perusahaan, kata empat pakar hukum sekuritas kepada Reuters.

Bahkan jika perkiraan Twitter meleset, penggugat harus menunjukkan bahwa perusahaan yang berbasis di San Francisco itu berusaha untuk dengan sengaja menyesatkan investor. Ini  sebuah gugatan yang sulit untuk dibuktikan di pengadilan.

Menurut par ahli, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), regulator AS yang mengawasi pengungkapan perusahaan publik, akan mengalami kesulitan melakukannya karena alasan yang sama.

"Akan sulit untuk menetapkan dasar baik untuk kasus penegakan SEC atau tindakan pemegang saham, kecuali dapat ditunjukkan bahwa Twitter dengan sengaja atau ceroboh mengabaikan informasi yang akan menunjukkan bahwa perkiraan spamnya menyesatkan," kata firma hukum mitra Moses & Singer, Howard Fisher.

Seorang juru bicara Twitter mengatakan dewan perusahaan berencana untuk menyelesaikan kesepakatan dengan Musk dengan harga yang disepakati dan menegakkan perjanjian merger. Sementara perwakilan Musk tidak menanggapi permintaan komentar atas laporan itu.

Rintangan hukum lain bagi Musk adalah keputusannya untuk mengabaikan uji tuntas ketika dia menegosiasikan kesepakatan Twitter. Pakar hukum mengatakan ini membuat Musk lebih sulit untuk berdebat di pengadilan bahwa Twitter menyesatkannya.

Yang pasti, Musk mungkin dapat pergi atau menegosiasikan kembali kesepakatan dengan harga lebih rendah bahkan jika hukum berpihak pada Twitter. Ini karena litigasi apa pun kemungkinan akan berlarut-larut.

Twitter mungkin memutuskan akan lebih masuk akal untuk menyetujui harga yang lebih rendah atau menerima biaya perpisahan 1 miliar dolar AS (14,5 triliun) yang harus dibayar Musk karena tidak menyelesaikan kesepakatan, daripada mencoba memaksanya untuk menyelesaikan transaksi di pengadilan.

Akibat belum ada kesepahaman ini saham Twitter berakhir pada 38,32 dolar AS per lembar, pada Selasa, 17 Mei. Ini menjadi  diskon hampir 30% dari harga kesepakatan Musk sebesar 54,20 dolar AS per saham. Ini juga menunjukkan bahwa pasar menganggap kemungkinan bahwa kesepakatan akan diselesaikan dengan harga yang lebih rendah atau ditinggalkan.

Menurut para ahli, untuk memenuhi standar hukum yang menunjukkan Twitter telah menyesatkan investor atas akun spam, dan bukti bahwa perusahaan bertindak dengan itikad buruk kini sangat diperlukan. Ini bisa berupa dokumen internal seperti email atau kesaksian dari pelapor.

"Kegagalan ini harus naik ke tingkat ketidaktahuan yang disengaja, bukan hanya kelalaian," kata profesor Fakultas Hukum Universitas Georgetown, Urska Velikonja, kepada Reuters.

Masalah akun palsu dan spam penting untuk bisnis Twitter. Saham perusahaan jatuh pada 2018 setelah melakukan pembersihan akun otomatis dan spam yang mendorong pengguna aktif bulanan turun 1 juta, ketika analis memperkirakan kenaikan 1 juta pengguna.

Robert Frenchman, mitra yang mengkhususkan diri dalam kejahatan kerah putih di firma hukum Mukasey Frenchman, mengatakan ada kemungkinan bahwa SEC akhirnya akan meninjau masalah pengungkapan akun spam Twitter mengingat perhatian publik yang telah menariknya. Namun dia menambahkan dia tidak mengharapkan Twitter untuk menghadapi ancaman hukum yang signifikan.

"Saya tidak melihat itu sebagai sesuatu yang mungkin masuk dalam kategori menyesatkan secara material dan saya yakin bahasa itu dirancang dengan hati-hati dan dengan metodologi yang mungkin tidak mudah tetapi itu masuk akal," kata Frenchman.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Elon Musk Diyakini Dapat Kandaskan Saham Twitter karena Akun Bot dan Spam

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!