Arti Kelopak Mata Kanan Atas Kedutan dalam Pandangan Medis dan Mitos
Ilustrasi mata (pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apakah Anda pernah mengalami kelopak mata kanan atas kedutan? Orang awam biasanya mengaitkan kedutan, baik pada mata maupun bagian lagi, dengan mitos tertentu. Namun, dalam pandangan medis, hal ini bisa saja menjadi tanda suatu masalah kesehatan.

Arti Kelopak Mata Kanan Atas Kedutan

Dikutip dari berbagai sumber, mata kedutan kelopak mata bagian atas merupakan kontraksi berulang pada kelopak mata bagian atas yang terjadi secara tiba-tiba atau spontan. Kelainan ini dikenal dengan istilah blefarospasme, bisa terjadi beberapa detik sekali selama kurang lebih 1–2 menit.

Kedutan pada mata bukan masalah yang membahayakan dan bisa hilang sendiri. Namun, jika hal ini kerap terjadi maka aktivitas sehari-hari dan kenyamanan Anda tentu akan tertanggu.

Jenis Kedutan Mata, Termasuk Kelopak Mata Kanan Atas Kedutan

Kedutan tidak hanya bisa terjadi pada kelopak mata kanan atas, tetapi bisa terjadi pada kedua mata. Pada umumnya, gejala yang menyertainya juga berbeda-beda. Jika dilihat dari tingkat keparahannya, kedutan pada mata bisa dibedakan menjadi tiga jenis.

  1. Kedutan minor

Kedutan pada kelopak mata ini bersifat minor atau kecil. Kedutan ini bisa terjadi karena stres, kelelahan, kebiasaan merokok, atau mengonsumsi minuman berkafein dan minuman beralkohol secara berlebihan.

Kedutan minor juga bisa disebabkan oleh iritasi pada kornea atau konjungtiva, yaitu selaput yang melapisi kelopak mata. Kedutan jenis ini biasanya tidak nyeri dan tidak berbahaya.

  1. Blefarospasme esensial jinak

Blefarospasme esensial jinak adalah kedutan kronis atau tidak terkendali. Hal ini bisa memengaruhi kedua mata. Penyebab dari kedutan mata jenis ini belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa hal bisa jadi meningkatkan risiko terkena blefarospasme esensial jinak, yaitu mata kering, konjungtivitis: peradangan pada permukaan kelopak mata, blefaritis: peradangan kelopak mata karena bakteri, entropion: kondisi saat kelopak mata masuk ke bagian dalam mata, uveitis: peradangan pada lapisan tengah mata.

Selain itu, konsumi minuman beralkohol atau berkafein secara berlebihan dan merokok juga bisa meningkatkan risiko mengalami jenis kedutan pada mata ini. Jenis kedutan pada mata ini diyakini lebih kerap dialami oleh orang berusia 50–70 tahun. Terkait gender, jenis ini lebih sering dialami oleh wanita.

Gejala blefarospasme esensial jinak umumnya dimulai dengan kelopak mata berkedip tanpa henti. Jika terus memburuk, blefarospasme esensial jinak dapat menyebabkan penglihatan kabur hingga kedutan pada wajah.

  1. Hemificial spasm

Jenis ini disebut juga kejang pada wajah. Ini adalah jenis kedutan mara yang jarang terjadi. Kedutan jenis ini melibatkan otot yang ada di sekitar mulut dan kelopak mata. Hemifacial spasm hanya memengaruhi satu sisi wajah. Umumnya, penyabab kedutan jenis ini disebabkan oleh pembuluh darah yang menekan saraf wajah.

Mata Kedutan Terkait Gejala Gangguan Kesehatan Tubuh

Dalam kondisi tertentu, mata kedutan juga bisa disebabkan oleh gangguan otak dan sistem saraf. Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kedutan pada mata, berikut adalah rinciannya.

  1. Bell’s palsy, yaitu kelumpuhan otot wajah yang membuat wajah menjadi tidak simetris.
  2. Distonia, yaitu gangguan gerakan yang menyebabkan otot-otot kejang dan tidak terkendali sehingga bagian tubuh yang terkena terpelintir.
  3. Distonia servikal, yaitu jenis distonia yang menyebabkan leher kejang secara tiba-tiba dan membuat kepala berputar ke posisi yang tidak nyaman.
  4. Parkinson, yaitu keadaan yang membuat anggota tubuh bergetar, otot menajdi kaku, sulit berbicara, dan mengalami gangguan keseimbangan.
  5. Sindrom tourette, yaitu keadaan yang ditandai dengan gerakan dan suara spontan yang berulang (tics).
  6. Multiple sclerosis, yaitu gangguan saraf pada otak, mata, dan tulang belakang.

Mata kedutan juga bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan, terutama jenis obat yang digunakan untuk menangani psikosis dan epilepsi.

Mitos Kelopak Mata Kanan Atas Kedutan

Seperti yang telah disampaikan pada bagian awal, kedutan sering dikaitkan dengan mitos tertentu oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa mitos terkait kedutan pada bagian mata tertentu.

  1. Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas

Orang yang mengalami kedutan pada kelopak mata bagian atas biasanya disebut akan mendapatkan keberuntungan. Keberuntungan bisa dalam hal bisnis yang sedang dijalani. Keberuntungan tersebut mungkin akan didapatkan setelah berusaha keras untuk mendapatkan sesuatu atau mencapai target sesuatu dalam bisnis.

  1. Kedutan Kelopak Mata Kanan Bawah

Kedutan ini biasanya dipercaya sebagai tanda kesedihan yang mendalam. Umumnya, orang mengartikan kedutan ini sebagai sebuah kesedihan di waktu yang akan datang.

  1. Kedutan pada Alis Mata Kanan

Kebahagiaan tak hanya dikaitkan dengan kedutan kelopak mata kanan atas, tetapi juga kedutan alis mata kanan atas. Kebahagiaan tersebut akan didapatkan setelah melalui kesedihan terlebih dahulu.

Itu tadi adalah beberapa hal terkait kelopak mata kanan atas kedutan. Hal yang bisa dialami oleh semua orang ini bisa dijelaskan dengan medis, tetapi mitos tetap hidup di sebagian masyarakat. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.