Apa Itu NFT Art? Ini Pengertian, Contoh Produk, Cara Kerja, dan Cara Menjualnya Agar Dapat Cuan
Ilustrasi NFT Art (dok. pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Belakangan topik NFT Art banyak dibicarakan masyarakat dunia, bahkan Indonesia. Hal itu terjadi karena NFT Art jadi aliran seni baru yang peluangnya masih terbuka lebar baik untuk seniman sendiri maupun masyarakat luas. Lalu apaitu NFT Art?

Apa Itu NFT Art?

Non-Fungible Token atau NFT Art adalah karya seni berbentuk digital yang diluncurkan dalam bentuk token mata uang digital atau kripto. NFT Art juga dikenal dengan Crypto Art karena menggunakan media crpto atau uang digital.

Seperti karya lain, seni NFT juga bisa menjadi aset digital yang memiliki nilai estitka maupun nilai ekonomi sehingga sampai saat ini NFT Art jadi karya yang diperjualbelikan secara global.

Meski berkaitan dengan kripto, NFT dan kripto memiliki perbedaan. NFT tidak memiliki nilai tukar seperti halnya kripto sehingga kepemilikannya hanya pada satu orang saja.

NFT juga digunakan sebagai bukti kepemilikan aset digital seperti rekaman musik, karakter game, foto, dan masih banyak lagi. Bukti kepemilikan ini tercatat dalam jaringan blockchain yang dipakai untuk mencetak tokennya.

Contoh Produk NFT Art

Ada banyak produk NFT Art di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu orang yang berhasil menjual NFT Art adalah Ghozali Everyday. Ia berhasil menjual foto selfie-nya dalam bentuk NFT Art di OpenSea seharga Rp31 juta per foto.

Ghozali sendiri menjual foto yang dia ambil sejak usia 18 tahun hingga 22 tahun dengan posisi yang sama yakni di depan komputer. Volume trade Ghozali ternyata sangat ramai hingga harganya melebihi 277 Ethereum atau sekitar Rp13,3 miliar.

Tak hanya Ghozali, CEO Twitter Jack Dorsey pun melakukan hal serupa. Ia menjual cuitannya di Twitter dalam bentuk NFT senilai RP36 miliar.

Harga NFT Art pun berbeda-beda. Namun harga NFT Art termahal 2022 salah satunya dipegang oleh The Merge karya Pak. Karya seni ini dihargai sebesar $91.8 juta atau kurang lebih Rp1,36 triliun.

Lalu, bagaimana cara kerja NFT Art sebenarnya?

Cara Kerja NFT Art

Secara sederhana, NFT Art adalah token digital yang tak bisa digunakan sebagai alat pertukaran karena tak memiliki nilai seperti halnya uang. Akan tetapi NFT bisa dijualbelikan baik oleh konsumen biasa atau antar sesama kolektor. NFT Art akan ditukar dengan mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum, Solana dan masih banyak lagi.

Tiap NFT punya tanda tangan digital yang membuatnya tak bisa ditukarkan dengan NFT lainnya karena perbedaan nilai tukar.

Aset NFT juga dibuat hanya satu kali dan tidak bisa ditukar atau dijual dengan NFT lain karena nilainya berbeda. Kepemilikan NFT adalah mutlak sehingga pembeli adalah satu-satunya pemilik yang sah.

Cara Menjual NFT

NFT Art bis dijual dengan harga mahal. Anda pun bisa melakukan hal demikian. Namun pastikan dulu Anda memiliki dompet kripto atau crypto wallet. Setiap dompet kripto memiliki situs blockhain penyedia NFT sendiri-sendiri. Misalnya, OpenSea menyediakan fasilitas untuk crypto wallet Bitski, Phantom, OperaTouch, MetaMask, dan sebagainya.

Adapun cara menjual NFT adalah sebagai berikut.

  1. Buka situs OpenSea
  2. Klik My Profile jika sebelumnya sudah memiliki akun.
  3. Pilih NFT Art milikmu yang tersimpan di wallet pribadi.
  4. Klik “Sell” letaknya di sebelah kanan atas halaman.
  5. Anda tentukan harga, jenis lelang, dan sebagainya sesuai keinginan.
  6. Setelah itu klik “Post Your Listing”.
  7. Lengkapi listring yang tersedia untuk mengonfirmasi semua detail, lalu NFT mulai diluncurkan di marketplace.

Itulah informasi terkait apa itu NFT Art. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.