KKN UAD Membina Pengelolaan Kebun Sayur untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan Warga Danurejan Yogyakarta
KKN UAD

Bagikan:

Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UAD berkolaborasi dengan warga Kampung Macanan, Bausasran, Danuerjan, Yogyakarta, untuk mengoptimalkan pengelolaan Kebun Sekar Arum. Tim KKN Alternatif Periode 87 Unit II.B.3 ini bersinergi membinar warga dalam mengelola dan memberdayakan sayuran.

Kebun Sekar Arum sendiri merupakan salah satu sumber ketahanan pangan keluarga berisi berbagai jenis tanaman yang dimanfaatkan oleh warga di Kampung Macanan. Terdapat 4 macam tanaman berupa buah-buahan, tanaman hias, sayur, serta tanaman obat keluarga (toga).

Emi, selaku pengurus Kebun Sekar Arum menjelaskan, “Di dalam kelompok tani Sekar Arum ini, ada empat macam klasifikasi tanaman holtikultural, yaitu tanaman sayur, buah-buahan, tanaman hias, dan yang terakhir ada tanaman toga. Tujuan kami menanam itu semua untuk ketahanan pangan bagi warga sekitar.”.

KKN UAD Ajak Warga Tanam dan Manfaatkan Sayuran Terong

KKN UAD

Tim KKN UAD Unit II. B.3 yang terdiri dari Zain Fadhil, Abdul Khamid, Fadhila Ikmalina, Chantika Putri, Khusnul Khotimah, Afin Burhan, Dinda Amelia, Milinia Indah, serta Abdul Afif menyelenggarakan agenda penamanan terong pada Sabtu, 10 Juni 2023.

Menurut Zain, selaku Ketua tim, terong merupakan tanaman sayur yang mudah ditanam dan tumbuh subur, terong juga kaya akan vitamin dan serat dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, penanaman terong bisa berdampak positif jika dikonsumsi oleh warga Kampung Macanan.

Tujuan penanaman terong, kata Zain, dapat memperkuat solidaritas antara mahasiswa dan masyarakat. Sekaligus sebagai upaya mendorong keaktifan warga di Kebun Sekar Arum untuk memasifkan ketahanan pangan sekaligus menjadi peluang usaha.

“Selain untuk dikonsumsi, tanaman terong memiliki peluang untuk menambah perekonomian warga. Di mana, produk pemasaran terong bisa dilakukan dalam dua jenis, di jual dalam bentuk tanaman langsung atau dalam olahan produk jadi,” ujar Zain.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, mahasiswa KKN berharap kolaborasi penanaman terong dapat menjadi pembuka jalan untuk mengembangkan program berkelanjutan, memberikan dampak nyata bagi pertanian perkotaan dan kesejahteraan masyarakat.