Lebih Dari 30 ribu petugas pelayan publik Kulon Progo sasaran vaksin COVID-19
Lebih Dari 30 ribu petugas pelayan publik Kulon Progo sasaran vaksin COVID-19

Bagikan:

Yogyakarta - Lebih dari 30 ribu petugas pelayan publik tengah diupayakan emerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta agar segera mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Ketua Gugus Tugas mempercepat Penanganan COVID-19 Kulon Progo Fajar Gegana di Kulon Progo, Selasa mengatakan selagi ini gugus tugas tetap mengutamakan kepada pelayan publik yang mendapat vaksin.

"Saat ini kami masih melakukan prioritas vaksinasi kepada petugas pelayanan publik yang memberikan pelayanan secara langsung ke masyarakat terlebih dahulu," kata Fajar.

Diakui ASN di lingkungan Pemkab Kulon Progo belum semuanya mendapat vaksin. Sedangkan vaksinasi yang diperuntukkan kepada ASN di lingkungan Pemkab Kulon Progo sekitar 8.000 orang. Hal ini dikarenakan jumlah vaksin yang diterima oleh Dinas Kesehatan, dosisnya terbatas sehingga harus menentukan skala prioritas.

ASN Pemkab Kulonprogo Belum Merata Mendapat Vaksin

Diakui ASN di lingkungan Pemkab Kulon Progo belum semuanya mendapat vaksin. Sedangkan vaksinasi yang ditujukan kepada ASN di lingkungan Pemkab Kulon Progo lebih kurang 8.000 orang. Hal ini karena kuantitas vaksin yang di terima oleh Dinas Kesehatan, dosisnya terbatas supaya harus pilih skala prioritas.

"Kalau targetnya semua ASN di Kulon Progo divaksin. Namun dikarenakan dari yang kita ajukan sekitar 30 ribu yang turun hanya 3 ribu, jadi memang kita pakai skala prioritas dulu dan ini merupakan domainnya Dinkes karena semua kewenangan ada di Dinkes mereka yang mendata dan memprioritaskan siapa saja yang mendapatkan vaksin tahap kedua ini," kata Fajar.

Ia mengakui minimnya distribusi vaksin tahap kedua ke Kulon Progo berdampak kepada lambatnya proses berjalannya vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

"Ini yang menjadikan kita lambat ya karena itu. Kalau persediaan vaksin banyak, kami siap untuk semua bisa divaksin, termasuk ASN," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati mengatakan sebanyak 25 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Kulon Progo menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 tahap kedua gelombang pertama.

Terdiri dari puskesmas, rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan dua klinik milik TNI dan Polri.

"Puskesmas ada 21 dan dua rumah sakit umum, satu klinik bhayangkara. Kemudian, ada satu klinik Kartika. 25 fasyankes bisa melakukan vaksinasi tahap kedua," katanya.

Selain 30 ribu jadi sasaran vaksin COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!