Things to do In Jogja: Wisata Kuliner, Pemandangan, hingga Menikmati Wisata Budaya Terbaik
Ilustrasi Jogja (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta atau biasa disebut Jogja punya pesona wisata yang sedikit berbeda dengan kota besar lain di Indonesia. Di tempat ini ada banyak hal yang bisa dilakukan. Wisatawan bisa melakukan kegiatan wisata alam, budaya, religi, dan jenis wisata lainnya. Artinya ada banyak Things to do In Jogja

Things to do In Jogja

Setelah menempuh perjalanan jauh dari kota asal ke Jogja, biasanya wisatawan akan mengincar wisata kulinernya lebih dulu. Jika masih bingung wisata kuliner di Jogka, simak rekomendasi berikut ini.

  1. Kopi Klotok

Wisata kuliner Kopi Klotok sering dijadiin incaran wisatawan lain lho! Di tempat ini kamu bisa merasakan makanan diambil langsung di dapur khas Jawa. Jangan lupa pesan pisang gorengnya, kalau lapar bisa makan nasi sayur khas Yogyakarta di sini.

Alamat: Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

  1. Komplek Gudeg Kampung Wijilan

Sangat direkomendasikan untuk datang ke komplek Wijilan karena jaraknya tak terlalu jauh dari Alun Alun. Di sini ada banyak penjual makanan Gudeg yang jadi khas Yogyakarta. Area ini cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1942.

Alamat: Jalan Wijilan, Yogyakarta

  1. Bale Raos

Berminat mencicipi makanan Raja Yogyakarta? Langsung tancap gas ke Bale Raos! Restoran ini berada di kawasan Keraton Yogyakarta. Sajian yang disediakan adalah menu favorit keluarga Kasultanan Yogyakarta.

Alamat: Jl. Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

Jika perut kenyang, tapi ingin lanjut kegiatan wisata lain, coba datangi beberapa destinasi wisata alam berikut ini.

  1. Pantai Gunungkidul

Harus diketahui bahwa pantai di Gunungkidul selalu jadi incaran wisatawan lokal bahkan internasional. Apalagi jika wisatawan berhasil datengin pantai yang masih belum ramai. Beberapa pantai Gunungkidul yang masih sepi seperti Pantai Watunene, Pantai Torohudan, dan masih banyak lagi.

  1. Kaliurang, Sleman

Kalo kamu suka area sejuk, coba datang ke Kaliurang di Kabupaten Sleman. Di sini banyak vila dan penginapan yang bisa disewa. Biasanya pengunjung akan menginap di penginapan dan paginya menikmati tour jeep menyusuri sungai dan jalanan di kaki Gunung Merapi.

  1. Spot Ratu Boko

Seperti kata pepatah, sekali dayung dua pulau terlampaui, di spot ini wisatawan bisa menikmati peninggalan bersejarah Candi Ratu Boko lalu sorenya menikmati pemandangan matahari terbenam. Lokasinya berada di dataran tinggi jadi Dabbers tidak khawatir kepanasan.

Salah satu wisata malam populer di Jogja adalah wisata budaya. Hampir setiap bulan selalu ada acara budaya di Jogja, mulai dari pertunjukan musik, teater tradisional dan moder, pameran lukisan, tarian, masih banyak lagi lainnya. Beberapa destinasi wisata budaya yang bisa kamu nikmati yakni sebagai berikut.

  1. Sendratari Ramayana Prambanan

Sendratari Ramayana Prambanan adalah pertunjukan tari, drama, yang diiringi dengan musik tradisional gamelan. Pertunjukan ini didasarkan pada cerita Ramayana yang dipentaskan di area Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Sayangnya pertunjukan ini hanya diadakan tiap hari Sabtu.

  1. Taman Budaya Yogyakarta

Jika Anda tertarik dengan kegiatan kebudayaan di Jogja cobalah ke Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Destinasi ini berdekatan dengan Pasar Bringharjo, Malioboro, Taman Pintar, dan Pasar Buku Bekas. Di TBY ada beberapa gedung, tiap gedung biasanya menyajikan pertunjukan yang berbeda. Untuk mendapatkan jadwal pertunjukan di TBY, kamu bisa cek di medsos TBY ya.

  1. Titik Nol KM

Jangan khawatir merasa bosan di Jogja, lho! Salah satu area yang nggak pernah sepi adalah di Titik Nol KM. Dari sini wisatawan bisa lebih dekat ke mana-mana seperti ke museum, Pasar Bringharjo, termasuk menikmati pertunjukan jalanan yang hampir tiap malam ada.

Kalau masih belum puas dapat rekomendasi things to do In Jogja, kunjungi VOI.id ya!