Qualcomm Munculkan Chipset Snapdragon 778 5G, Fitur Berkelas untuk Ponsel Kelas Menengah
Chipset Qualcomm Snapdragon 778 5G (The Verge)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perusahaan semikonduktor smartphone asal Amerika Serikat, Qualcomm, memperkenalkan System on Chipset (SoC) seri 700 terbarunya. Diberi nama Snapdragon 778 5G, chipset anyar ini menawarkan fitur-fitur premium pada ponsel kelas menengah.

Menurut rencana, Snapdragon 778 5G tak lama lagi bakal dipakai ponsel kelas menengah premium. Mulai dari Motorola, Realme, Oppo, Xiaomi, Honor, hingga iQOO. Dan ponsel pertama yang sudah siap menjalankannya adalah Honor 50 series.

Fitur-fitur premium yang sudah ditanamkan perusahaan antara lain tangkapan video serta Kecerdasan Buatan yang diambil dari Snapdragon 888. Seperti diketahui, chipset Snapdragon 888 saat ini masih jadi serial pilihan untuk berbagai ponsel Android flagship.

Mengutip rilis resmi yang dibagikan perusahaan, kehadiran Snapdragon 778 5G melengkapi varian mid-end premium. Segmen perangkat yang biasanya didukung beberapa fitur premium tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Artinya, chipset ini bakal menjadi alternatif lain dari Snapdragon 780G, SoC untuk segmen yang sama dan sudah diluncurkan bulan Maret lalu. Lantas, bagaimana teknologi yang melandasi SoC anyar ini? Begini uraian yang berhasil dihimpun tim VOI dari berbagai sumber.

Rendering Grafis yang Lebih Mulus

Snapdragon 778G didukung CPU Kryo 670, yang menurut penjelasan perusahaan mampu meningkatkan performa CPU keseluruhan hingga 40 persen. Sementara itu, GPU Adreno 642L didesain agar mampu melakukan rendering grafis 40 persen lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya.

Chipset kelas menengah gaming ini hadir dengan AI Engine terbaru, yakni generasi keenam. Fitur ini khususnya meningkatkan kualitas panggilan video dan telepon. Tak hanya itu, terdapat pula fitur yang mampu menekan suara noise serta kamera panggilan video yang didukung teknologi AI.

Di bagian kamera, prosesor memiliki tiga ISP. Alhasil, pengguna pun bisa mengambil foto dari satu objek menggunakan tiga lensa sekaligus. Antara lain mode lensa wide, ultra lebar, serta zoom.

Sedangkan untuk pengambilan video, 778G 5G mendukung hasil tangkapan berkualitas HDR10+. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan hasil rekaman yang memiliki warna dan kontras lebih dramatis.

Seperti yang sudah disinggung di atas, 778G mendukung koneksi internet 5G. Juga dibekali teknologi Bluetooth 5.2 dan WiFi 6. Sehingga, kecepatan internet dan transfer data bisa lebih kencang.

Fitur untuk gaming turut mendapat peningkatan. Tak tanggung-tanggung, perusahaan menambahkan fitur Snapdragon Elite Gaming. Terdiri atas Qualcomm Game Quickj Touch yang mampu meningkatkan respon kontrol hingga 20 persen serta Variable Rate Shading.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Qualcomm Rilis Chipset Snapdragon 778 5G, Fitur Premium untuk Ponsel Kelas Menengah, saatnya merevolusi pemberitaan!