Berita COVID-19: Ketahui Efek Samping Vaksin Pfizer setelah Penyuntikan Dosis Pertama dan Kedua
Ilustrasi suntik vaksin (Unsplash/Mat Napo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berdasarkan data dari produsen menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan hasil uji klinis, vaksin Pfizer terbukti 95 persen efektif terhadap COVID-19. Di Indonesia, selain vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna, tersedia vaksin dengan nama kode BNT162b2 atau dikenal Pfizer.

Dilansir CNN, Jumat, 6 Agustus, vaksin tipe mRNA produksi Pfizer, Inc. dan BioNtech direkomendasikan untuk orang yang berusia 12 tahun ke atas.

Vaksin Pfizer memiliki efek samping, seperti vaksin dan obat-obatan lain. Perlu diketahui bahwa efek samping ini bersifat ringan dan tidak menyebabkan penyakit. Dalam uji klinis, gejala efek samping vaksin atau dikenal dengan reaktogenisitas.

Efek Samping Vaksin Pfizer

Sebagian kecil orang, efek samping tersebut mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Sedangkan sebagian besar, efek samping yang bersifat ringan tersebut di bawah ini dialami tujuh hari setelah vaksinasi.

Pada area suntikan, akan mengalami efek berikut, yaitu:

Kemerahan

Pembengkakan

Sedikit sakit

Sedangkan pada tubuh, akan merasakan efek berikut ini:

Mual

Kelelahan

Sakit kepala

Nyeri otot

Tubuh panas dingin

Demam

Menurut Center for Disease Control and Prevention, pada dosis kedua efek samping juga dirasakan, antara lain seperti berikut:

Demam

Kedinginan

Kelelahan

Sakit kepala

Setelah vaksin, baik penyuntikan dosis pertama maupun kedua, setiap orang disarankan untuk istirahat yang cukup dan minum banyak air mineral. Jika demam bisa minum parasetamol untuk mengatasi efek samping vaksin.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Ketahui Efek Samping Vaksin Pfizer setelah Penyuntikan Dosis Pertama dan Kedua, saatnya merevolusi pemberitaan!