Agar Tidak Selalu Dikuntit Iklan Bagi Pengguna iPhone Begini Caranya
Iklan bagi pengguna iPhone sering kali terasa menganggu. (foto dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat Anda ingin membeli sepatu dan mencarinya di internet, maka kemudian media sosial maupun situs yang Anda kunjungi akan dipenuhi dengan iklan sepatu tersebut. Hal itu wajar karena aat ini semua media sosial dan browser kerap dipenuhi dengan iklan yang mengganggu.

Namun kini, masalah itu bisa diatasi dengan fitur terbaru dari Apple yang disematkan pada sistem operasinya, iOS. Fitur yang dijuluki App Tracking Transparency ini pertama kali diluncurkan pada iOS 14.5.

Agar Tidak Selalu Dikuntit Iklan

Sekarang telah mendapat pembaruan yang lebih baru, sehingga bisa meningkatkan privasi online Anda dengan memberi Anda opsi untuk mematikan pelacakan iklan dalam aplikasi yang digunakan. Anda juga dapat melihat semua fitur baru di versi terbaru iOS 15.

Fitur tersebut tidak dapat menggunakan data Anda untuk iklan bertarget, membagikan data lokasi Anda dengan pengiklan, membagikan ID iklan Anda atau pengenal lainnya dengan pihak ketiga.

Pertama kali App Tracking Transparency diumumkan di Apple Worldwide Developers Conference pada Juni 2020, dan telah mendapat dukungan dari pendukung privasi, namun juga kritik dari perusahaan seperti Facebook yang mengatakan itu akan merugikan bisnis iklannya.

Hadirnya fitur ini dilakukan bersamaan dengan upaya lain dari Apple untuk meningkatkan transparansi dan privasi, yang oleh CEO Apple, Tim Cook, disebut sebagai hak asasi manusia yang mendasar.

Dengan rilis iOS 14.3 pada bulan Desember, pengguna mulai melihat "nutrition labels" di aplikasi yang memberi tahu mereka tentang data yang diminta aplikasi sebelum mengunduhnya dari App Store.

Berikut cara menggunakan fitur App Tracking Transparency baru untuk mengontrol aplikasi mana yang dapat melacak Anda di perangkat Apple, seperti dikutip dari CNET, Jumat, 22 Oktober.

Cara Mematikan Pelacakan di Aplikasi Baru

Saat mengunduh dan membuka aplikasi baru, Anda akan mendapatkan notifikasi yang menanyakan apakah Anda ingin mengizinkan aplikasi melacak aktivitas Anda di aplikasi dan situs web perusahaan lain. Anda juga akan melihat informasi tentang apa yang akan dilacak oleh aplikasi. Anda dapat mengetuk Minta Aplikasi untuk Tidak Dilacak dan memblokir aktivitas tersebut atau Izinkan.

Anda juga dapat memilih keluar dari pelacakan aplikasi di setiap aplikasi yang Anda unduh dengan masuk ke Settings, klik Privacy pilih Tracking, dan matikan Izinkan Aplikasi yang Meminta untuk Dilacak. Ini berarti aplikasi apa pun yang mencoba meminta izin Anda akan secara otomatis diblokir agar tidak bertanya dan diberi tahu bahwa Anda telah meminta untuk tidak dilacak.

Semua aplikasi (selain yang telah Anda izinkan untuk dilacak di masa lalu) akan diblokir untuk mengakses informasi perangkat Anda yang digunakan untuk iklan. Penting untuk dicatat bahwa ini tidak berarti iklan akan hilang. Ini hanya berarti bahwa Anda akan lebih cenderung melihat iklan umum, bukan iklan yang dipersonalisasikan.

Cara Mematikan Pelacakan Aplikasi Pada Aplikasi yang Sudah Diunduh

Untuk aplikasi yang sudah Anda download dan mungkin mempunyai izin pelacakan yang sudah disiapkan, Anda masih bisa mengaktifkan atau menonaktifkan izin itu per aplikasi.

Buka Settings, ketuk aplikasi, lalu ketuk untuk mematikan Izinkan Pelacakan. Atau buka Settings, klik Privasi pilih Tracking, dan ketuk untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tiap aplikasi yang akan Anda lihat di daftar aplikasi yang sudah minta izin untuk melacak kesibukan Anda.

Semua pengembang aplikasi diharuskan meminta izin untuk pelacakan. Jika Apple mengetahui pengembang melacak pengguna yang meminta untuk tidak dilacak, mereka perlu memperbarui aplikasi mereka, atau berpotensi menghadapi diblokir dari toko aplikasi.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Ini Cara Agar Tidak Selalu Dikuntit Iklan Bagi Pengguna iPhone, saatnya merevolusi pemberitaan!