Teleskop Ruang Angkasa James Webb Bakal Meluncur Pada Saat Malam Natal
NASA akan meluncurkan teleskop ruang angkasa terbarunya, James Webb. (Foto Dok. NASA Gov)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Teleskop ruang angkasa terbarunya, James Webb sebagai penerus teleskop Hubble akan diluncurkan oleh NASA tepat pada malam Natal, 24 Desember.

Dikonfirmasi oleh Administrator NASA, Bill Nelson, Teleskop Luar Angkasa James Webb yang dikenal dengan sebutan JWST akan diluncurkan dengan roket Ariane Eropa dari dari pelabuhan antariksa Badan Antariksa Eropa (ESA) di Guyana Prancis, pada pukul 07:20 EST.

Bakal Meluncur Pada Saat Malam Natal

“Yang saya inginkan untuk Natal bukanlah dua gigi depan saya. Tetapi untuk kesuksesan JWST," ungkap Nelson.

Sejatinya, peluncuran ini telah tertunda dalam beberapa minggu terakhir dengan masalah fisik yang menghubungkannya dengan roket, tetapi itu bukanlah sesuatu yang besar selama dua dekade terakhir.

Diinformasikan dari Fox News, Sabtu, 18 Desember, perlu dikenal, JWST yaitu proyek bersama dari NASA, ESA dan Badan Antariksa Canada yang menelan tarif lebih dari 10 miliar dolar AS. Teleskop ini akan memberikan kabar baru yang menggiurkan perihal alam semesta, termasuk permulaannya.

Meskipun demikian itu, Nelson menginginkan dikala peluncuran ini tak ada kerumunan di lokasi peluncuran sebab bertepatan dengan wisata Natal dan Tahun Baru (NATARU).

"Sejak malam Natal, semua delegasi kongres yang turun, semua itu telah menguap," katanya kepada The Associated Press. Bahkan tim NASA dan kontraktor telah berkurang, katanya. Tapi dia akan berada di sana.

Sudah bertahun-tahun terlambat terbang, JWST akan melihat kembali dan meneliti bagaimana awal mula Tata Surya ini, ketika bintang dan galaksi pertama terbentuk, sambil juga memeriksa atmosfer planet yang mengorbit bintang lebih dekat ke rumah.

"Ada begitu banyak hal yang mendorong ini. (JWST) dapat membuka semua jenis pemahaman dan pengungkapan baru tentang alam semesta," tutur Nelson.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Malam Natal, Teleskop Ruang Angkasa James Webb Bakal Meluncur, saatnya merevolusi pemberitaan!