Rupiah Selasa Menguat, Sambut Kabar Baik dari AS-China
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot akhirnya berhasil melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini Selasa 25 Agustus. Rupiah ditutup menguat 22 poin atau 0,15 persen ke level Rp14.649 per dolar Amerika Serikat (AS). 

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, selain sentimen positif dari pasar AS semalam, hari ini kabar adanya pembicaraan dagang antara pejabat AS dan China juga memberikan sentimen positif tambahan.

"Para pejabat melaporkan pembicaraan dagang via telepon berjalan dengan sukses. Banyak negara emerging yang bergantung terhadap perekonomian kedua negara terbesar dunia ini sehingga kabar baik dari hubungan keduanya memberikan sentimen positif ke pasar," ujar Ariston kepada VOI.

Hingga pukul 15.00 WIB, sebagian besar mata uang di Asia Pasifik berada di zona positif. Won Korea Selatan masih memimpin penguatan setelah ditutup naik 0,35 persen.

Berikutnya ada peso Filipina yang terangkat 0,27 persen dan ringgit Malaysia yang menanjak 0,19 persen. Disusul, yuan China yang menguat 0,14 persen terhadap dolar AS.

Selanjutnya ada dolar Singapura yang naik 0,12 persen serta baht Thailand yang terapresiasi 0,06 persen. Dolar Taiwan pun berhasil melengkapi mata uang yang berada di zona hijau setelah naik tipis 0,04 persen.

Sedangkan, yen Jepang menjadi mata uang dengan pelemahan terdalam setelah turun 0,21 persen. Rupee India pun tepat berada di bawah yen setelah terdepresiasi 0,12 persen. Dan dolar Hong Kong pun melemah tipis 0,004 persen terhadap dolar AS.