Dinilai Tak Aman, Wahana Ngopi In The Sky dengan Mobile Crane di Teras Kaca Pantai Nguluran Gunungkidul Disetop Sementara
Wahana Ngopi In The Sky di Teras Kaca Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta/DOK pengelola via Instagram @teraskaca

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setelah melakukan evaluasi terhadap keamanan Wahana Ngopi In The Sky Teras Kaca, Pantai Nguluran, Gunungkidul, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memutuskan penghentian alat operasional wahana tersebut. 

Mobile Crane yang digunakan pada wahana tersebut diperuntukkan untuk mengangkut barang, bukan untuk mengangkut manusia. Karenanya faktor keamanan dipertanyakan.

Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji di kompleks Kepatihan, Yogyakarta mengungkapkan, meskipun ide dan kreativitas yang dilahirkan oleh pengelola sangat bagus, namun safety menjadi poin utama yang harus dipatuhi. 

Apabila tidak memenuhi persyaratan yang dibuktikan dengan terbitnya izin, maka penyelenggaraan wisata tersebut tidak bisa dilanjutkan.

Aji menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, diketahui mobile crane yang dipergunakan penyelenggara adalah alat yang disewa dari luar kota. Untuk itu semakin banyak hal yang harus dilakukan untuk pengecekan, termasuk asal-usul dan guna operasionalnya harus dilihat apakah masih berlaku atau tidak.

“Informasi yang kita terima, penggunaan crane itu belum ada izin, penggunaannya tidak sesuai dengan spesifikasi barang itu tentu ini juga harus ada yang menjamin keselamatannya. Nah itu ya kita hentikan dulu sampai persyaratan-persyaratan terutama sertifikasi keselamatan pengunjung itu terjamin. Keselamatan dan kenyamanan wisatawan harus kita jamin supaya kita tetap bisa dipercaya sebagai penyelenggara destinasi wisata yang nyaman dan aman,” jelas Aji dikutip dari keterangan tertulis akun Instagram @humasjogja, Jumat, 7 Januari.

Wahana Ngopi In The Sky di Teras Kaca Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta/DOK pengelola via Instagram @teraskaca

Sementara itu pengelola Teras Kaca Pantai Nguluran Gunungkidul, Yogyakarta, mengatakan soft launching Ngopi In The Sky ditunda untuk merespons pro dan kontra.

“Mohon maaf untuk wahana Ngopi In The Sky soft launching ditunda terlebih dahulu untuk merespons pro kontra. Wisata dan villa Teras Kaca Pantai Nguluran tetap buka,” demikian informasi lewat akun Instagram @teraskaca.