Olimpiade Musim Dingin 2022, Zhangjiakou Operasionalkan 655 Bus Hidrogen untuk Transportasi dan Logistik
Ilustrasi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. (Wikimedia Commons/N509FZ)

Bagikan:

JAKARTA - Jika tidak ada aral melintang, Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan dimulai pada 4 Februari pekan depan. Menjadi salah satu negara maju, China menyiapkan sejumlah terobosan, termasuk untuk layanan transportasi selama kompetisi berlangsung.

Dengan persiapan selama enam tahun lebih, Presiden Xi yakin China akan sukses menggelar Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, menggaris bawahi kembali komitmen Beijing.

"Kami telah mempersiapkan Olimpiade Beijing selama lebih dari enam tahun, semuanya sudah diatur. Kompetisi akan segera dimulai dan mereka akan sukses," kata Kementerian Luar Negeri China mengutip Presiden Xi, seperti melansir TASS.

"China akan menghormati komitmennya untuk mempersembahkan kepada dunia Olimpiade yang efisien, aman, dan indah," sambung pernyataan itu.

Salah satu terobosan yang disiapkan adalah penggunaan bus hidrogen yang ramah lingkungan. Misalnya di Kota Zhangjiakou yang akan mengerahkan 655 bus berbahan bakar hidrogen di zona kompetisi selama Olimpiade, menurut Kantor Berita Xinhua seperti dikutip dari Reuters.

China, penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia, berjanji untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 'hijau', dengan menggunakan teknologi tinggi untuk mengurangi emisi karbon.

bus hidrogen
Ilustrasi bus hidrogen di Beijing, China. (Wikimedia Commons/N509FZ)

Ini juga memberdayakan semua tempat acara di Beijing dan kota tetangga Zhangjiakou dengan energi yang lebih bersih seperti gas alam, energi terbarukan, dan hidrogen.

Zhangjiakou, yang akan menjadi tuan rumah acara seperti ski Alpine dan snowboarding, saat ini memiliki dua pabrik hidrogen dengan kapasitas produksi gabungan 6 ton per hari, serta delapan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Pada 2019, kota tersebut menargetkan membangun kapasitas produksi hidrogen tahunan sebesar 100.000 ton, atau 27,4 ton per hari.

Mengutip China.org.cn, kendaraan ini akan digunakan dalam transportasi dan logistik selama Olimpiade. Bus bertenaga hidrogen dapat mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 11,8 ton selama 10.000 km.

Bus-bus tersebut berjalan dengan lancar pada suhu minus 20 derajat Celcius, dan keamanan serta keandalannya telah diverifikasi, menurut institut hidrogen dan energi terbarukan kota itu.

Saat ini, ada 444 bus sel bahan bakar hidrogen yang beroperasi di Zhangjiakou, mencakup sembilan rute bus di kota tersebut. Mereka telah beroperasi lebih dari 21 juta km dan membawa lebih dari 62 juta penumpang.

Untuk diketahui, Olimpiade Musim Dingin ke-24 akan diadakan di Beijing mulai tanggal 4 hingga 20 Februari 2022. Sementara untuk Paralimpiade akan berlangsung dari 4 hingga 13 Maret.