Diantar Langsung Dubes AS di Moskow, Washington Sampaikan Balasan Tertulis Tuntutan Keamanan Rusia
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (Wikimedia Commons/U.S. Department of State)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat menyampaikan balasan tertulis pada hari Rabu untuk menyapu tuntutan keamanan Rusia, sebuah langkah kunci dalam proses diplomatik yang rapuh ketika Rusia mengadakan latihan militer baru di darat dan laut dekat Ukraina.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan dokumen itu, yang diserahkan secara langsung oleh Duta Besar AS untuk Moskow John Sullivan, membahas keprihatinan Rusia dan mengangkat keprihatinan Amerika Serikat dan sekutunya.

Dia mengatakan kepada wartawan, tanggapan tersebut menetapkan jalur diplomatik yang serius ke depan, jika Rusia memilihnya, dan memiliki evaluasi yang berprinsip dan pragmatis atas keprihatinan Moskow. Dia menambahkan, Amerika Serikat terbuka untuk berdialog.

"Menulis sesuatu adalah cara yang baik untuk memastikan kami setepat mungkin, dan Rusia memahami posisi kami, ide-ide kami, sejelas mungkin. Saat ini, dokumen ada bersama mereka dan bolanya di pengadilan mereka," terang Menlu Blinken mengutip Reuters 27 Januari.

Washington telah menjelaskan, tuntutan Rusia kepada NATO untuk menarik kembali pasukan dan senjata dari Eropa timur, serta melarang Ukraina untuk bergabung bukanlah permulaan. Tetapi mengatakan, pihaknya siap untuk membahas topik lain seperti pengendalian senjata dan langkah-langkah membangun kepercayaan.

Apakah Presiden Vladimir Putin siap menerima agenda terbatas itu akan menentukan fase berikutnya dari krisis, di mana Moskow telah mengumpulkan sekitar 100.000 tentara di dekat perbatasan dengan Ukraina sambil menyangkal rencananya untuk menyerang.

Terpisah, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko mengatakan kepada kantor berita Interfax, ketika ditanya berapa banyak waktu yang dibutuhkan Rusia untuk mempelajari tanggapan NATO:

"Kami akan membacanya. Mempelajarinya. Para mitra mempelajari proyek kami selama hampir satu setengah bulan."

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg meminta Rusia untuk "segera meredakan situasi", dengan mengatakan ketidaksepakatan harus diselesaikan melalui dialog. Dan, setiap negara harus bebas memutuskan pengaturan keamanannya sendiri.

Di Paris, diplomat dari Rusia, Ukraina, Prancis dan Jerman mengadakan pembicaraan lebih dari delapan jam untuk mengakhiri konflik separatis di Ukraina timur, bagian dari krisis yang lebih luas antara Moskow dan Kyiv yang berisiko menjadi perang skala penuh.

Sebelumnya pada Hari Rabu, menanggapi komentar oleh Presiden AS Joe Biden bahwa dia akan mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi secara pribadi kepada Presiden Vladimir Putin, Rusia mengatakan langkah seperti itu tidak akan menyakiti pemimpin Kremlin tetapi akan "secara politik merusak".

Preiden Biden mengatakan pada Hari Selasa, sanksi pribadi terhadap Presiden Putin, meskipun merupakan langkah yang jarang terjadi, dapat dianggap sebagai bagian dari upaya bersama oleh Washington dan sekutunya untuk meyakinkan Moskow bahwa setiap agresi baru terhadap Ukraina akan menimbulkan kerugian besar dan cepat.

Sementara itu Rusia menggelar latihan militer baru di darat dan di Laut Hitam, memindahkan lebih banyak pasukan terjun payung dan jet tempur ke Belarus, utara Ukraina, untuk apa yang digambarkan sebagai latihan bersama di sana bulan depan.

Ukraina mengatakan Rusia berusaha menabur kepanikan. Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba mengatakan, Moskow belum mengumpulkan pasukan yang cukup untuk serangan skala besar, tetapi itu tidak berarti tidak dapat melakukannya nanti.