Berita Vaksin: BIN Gelar Vaksinasi Anak Hingga Pelosok di Hulu Sungai Utara
Vaksinasi yang DIgelar BIN Pelosok Kalimantan Selatan/Foto: Antara

Bagikan:

YOGYAKARTA - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di tiga sekolah di Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan.

Kepala BIN daerah (Binda) Kalimantan Selatan Brigjen Pol Dr Heri Armanto Sutikno melalui Koordinator Wilayah BIN Kabupaten Hulu Sungai Utara Purnomo, mengatakan, total sebanyak 123 anak mengikuti vaksinasi

"Bersama petugas kesehatan dari Puskesmas Pasar Sabtu kita melaksanakan vaksin anak di Madrasyah Ibtidaiyah Raudhatul Jinan Desa Rantau Bujur Hulu sebanyak 80 anak, MI Nurul Fallah 18 anak dan SDN Nelayan 25 siswa," katanya, Rabu 16 Februari.

Gelar Vaksinasi Anak Hingga Pelosok di Hulu Sungai Utara

Dikatakannya, sebelum pelaksanaan vaksinasi pihak sekolah bersama tenaga kesehatan UPT Puskesmas Pasar Sabtu sudah melaksanakan sosialisasi kepada wali siswa guna meluruskan informasi keliru yang beredar di media sosial mengenai vaksin anak.

Salah seorang wali murid Khairun Nida membenarkan jika para orang tua murid sudah pernah diundang datang ke sekolah untuk menerima penjelasan atau sosialisasi mengenai vaksin.

"Wajar sebagai orang tua sedikit khawatir, tapi saya yakin membawa anak saya vaksin untuk sehat," katanya.

Khairun sudah lama meyakini manfaat vaksin, sehingga dirinya sudah pernah membawa anaknya vaksin di Madrasah Ibtidaiyah Matla'ul Anwar Desa Rantau Bujur Hilir tapi urung diikuti karena anaknya dalam kondisi sakit.

Kesadaran sebagian orang tua siswa bisa tumbuh karena pihak sekolah juga rutin mensosialisasikan mengenai vaksin anak melalui  aplikasi WhatApps.

Kepala MI Raudhatul Jinan, H Muhammad Asrar mengatakan adanya aplikasi komunikasi seperti WA memudahkan pihak sekolah berkomunikasi dan menyebarkan informasi kepada para orang tua siswa.

"Selain mengundang wali siswa untuk sosialisasi, juga melalui WA group," katanya.

Strategi tambahan juga dilakukan Kepala MIS Mathla'ul Anwar Desa Rantau Bujur Hilir H Farid Wildan untuk memotivasi orang tua membawa anak mereka mengikuti vaksin yakni menyediakan hadiah doorprize.

"Secara patungan kami dari dewan guru menyediakan hadiah seperti kipas angin, payung dan sebagainya," terangnya.

Dokter dari Puskesmas Pasar Sabtu dr Lily Inderiani meyakinkan para orang tua bahwa pihaknya tidak sembarangan memberikan suntikan vaksin kepada anak tanpa pemeriksaan kesehatan atau skrining yang ketat terlebih dahulu.

"Sama seperti orang dewasa, screening pada anak untuk memastikan tidak mengidap anemia, gatal-gatal, memeriksa kondisi jantung dan paru anak," katanya.

Beda dengan kegiatan vaksin di tempat lain, pada pelaksanaan vaksin anak/pelajar di Kecamatan Sungai Tabukan,  dr Lily mengaku kerap ikut serta pada meja pemeriksaan kesehatan guna memastikan kondisi peserta vaksin.

Ia menerangkan jika calon penerima vaksin kadang mengetahui apakah dirinya mengalami masalah kesehatan jantung atau tidak, petugas kesehatan harus memastikan mereka dalam kondisi aman untuk di vaksin.

Artikel ini telah tayang dengan judul: BIN Gelar Vaksinasi Anak Hingga Pelosok di Hulu Sungai Utara, saatnya merevolusi pemberitaan!