Wahana Chang'e-4 China Menemukan Butiran Kaca di Sisi Jauh Bulan
Foto menunjukkan butiran kaca dengan ukuran sentimeter yang diambil dalam misi Apollo 16 (a, b) dan butiran kaca yang diamati oleh misi Chang'e-4 (c, d). (Xinhua)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wahana penjelajah Bulan Yutu-2 dari misi Chang'e-4 China menemukan dua butiran kaca tembus cahaya (translusen) makroskopik dalam penjelajahannya di sisi jauh Bulan, yang berpotensi membantu mengungkap sejarah tumbukan awal Bulan.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Science Bulletin, Yutu-2 menangkap gambar dua butiran tembus cahaya itu menggunakan kamera panorama.

Menemukan Butiran Kaca di Sisi Jauh Bulan

Belum ada data komposisi yang diperoleh untuk butiran-butiran tersebut. Namun morfologi unik dan konteks lokalnya menunjukkan bahwa kemungkinan besar butiran kaca itu adalah hasil tumbukan, lelehan tumbukan anorthositic yang telah mendingin yang dihasilkan selama peristiwa pembentukan kawah, alih-alih berasal dari gunung berapi atau dari benda planet lain, kata para peneliti.

Anortosit Bulan adalah batuan utama dari dataran tinggi Bulan, yang terbentuk di lautan magma Bulan seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Para peneliti mengatakan butiran tersebut berbeda dari butiran kaca yang diambil sampelnya oleh misi Apollo, karena ukurannya lebih besar dan menunjukkan adanya warna.

Mereka memperkirakan butiran kaca itu akan banyak ditemukan di seluruh dataran tinggi Bulan, memberikan target pengambilan sampel menjanjikan yang dapat menguak sejarah tumbukan awal Bulan.

Wahana Chang'e-4, yang diluncurkan pada 8 Desember 2018, melakukan pendaratan mulus  pertama di Kawah Von Karman di Cekungan Kutub Selatan-Aitken di sisi jauh Bulan pada 3 Januari 2019. Sejauh ini, Yutu-2 telah melakukan perjalanan lebih dari 1.000 meter di sisi jauh Bulan.