Berita DIY Terkini: KAI Mengoperasikan KA Joglosemarkerto Relasi Cilacap-Yogyakarta PP
Ilustrasi - Rangkaiankereta api di Stasiun Cilacap. ANTARA/HO-KAI Purwokerto

Bagikan:

YOGYAKARTA - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto akan mengoperasikan KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta pergi pulang (PP) mulai 25 Februari 2022 dalam rangka peningkatan layanan kepada pelanggan.

"Namun untuk tahap awal, KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP ini dioperasikan pada 25-28 Februari 2022," kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat dalam keterangannya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

KAI Mengoperasikan KA Joglosemarkerto

Menurut dia, pengoperasian KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sekaligus perluasan layanan, sehingga akan semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api.

Ia mengatakan pada masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga sekarang, PT KAI (Persero) terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi Cilacap-Yogyakarta yang selama ini hanya dapat dilayani oleh KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang keberangkatan pukul 15.10 WIB dari Stasiun Cilacap seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Dengan adanya KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta yang diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 06.00 WIB tersebut, kata dia, dapat membantu konektivitas dan mobilitas masyarakat melalui transportasi kereta api serta memberikan pilihan perjalanan KA pada pagi hari bagi masyarakat di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya.

"KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta ini terdiri atas dua kelas layanan, yaitu kelas eksekutif dan ekonomi premium. Sebagai upaya menarik minat masyarakat untuk menggunakan KA ini, kami berlakukan tarif promo dengan harga mulai Rp60 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp40 ribu untuk kelas ekonomi premium, sedangkan tiketnya sudah dapat dibeli melalui KAI Access maupun kanal penjualan tiket eksternal yang telah ditetapkan," katanya.

Ia mengharapkan dengan kehadiran KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP yang termasuk KA aglomerasi itu dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto yang hendak menuju Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) dengan menggunakan KA Bandara.

Terkait dengan jadwal perjalanan KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta, Daniel mengatakan KA 224F (nomor relasi KA Joglosemarkerto) tersebut diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 06.00 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pada pukul 09.10 WIB.

"Dalam perjalanannya menuju Stasiun Yogyakarta, KA 224F Joglosemarkerto akan singgah di Stasiun Maos, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Wojo, dan Stasiun Wates," katanya.

Sementara KA 223B Joglosemarkerto relasi Yogyakarta-Cilacap, kata dia, diberangkatkan dari Stasiun Yogyakarta pada pukul 11.20 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pada pukul 14.21 WIB, serta akan singgah di Stasiun Wates, Stasiun Wojo, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kebumen, Stasiun Karanganyar, Stasiun Gombong, Stasiun Kroya, dan Stasiun Maos.

"KAI tetap berkomitmen untuk mengoperasikan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ketat untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman sampai di stasiun tujuan," kata Daniel.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!