Ketua DPR Bakal Memberi Pembekalan di Rapim TNI-Polri 2022
Dokumentasi Ketua DPR, Puan Maharani. ANTARA/HO-DPR

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketua DPR, Puan Maharani, akan memberi pembekalan dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri yang dilaksanakan di Markas Besar TNI, Cilangkap, Selasa (1/3).

“Saya menyampaikan apresiasi kepada panglima TNI dan kepala Polri beserta seluruh jajarannya yang memberikan kesempatan kepada DPR RI untuk memberi masukan pada alat pertahanan dan keamanan negara yang sangat diandalkan rakyat," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ketua DPR Bakal Memberi Pembekalan

Ia akan memberikan pembekalan kepada para pimpinan komando utama TNI-Polri usai Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan.

Menurut dia, DPR sebagai representasi perwakilan rakyat akan memberi masukan kepada jajaran TNI-Polri agar semakin solid dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya sebagai alat pertahanan negara, dan pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Puan juga berharap Rapim TNI-Polri 2022 akan semakin memupuk soliditas dan sinergitas dua lembaga yang menjadi tumpuan rakyat dalam bidang pertahanan dan keamanan.

"DPR berharap Rapim TNI-Polri 2022 akan semakin memperkuat sinergitas kedua instansi. Tidak hanya di level pimpinan, tapi juga hingga jajaran paling bawah," ujarnya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Ia menilai, soliditas dan sinergitas TNI-Polri sangat penting karena dua lembaga memegang peran yang sangat strategis dalam ikut membangun kekuatan nasional. Peran strategis itu menurut dia yaitu menciptakan situasi yang kondusif sehingga pembangunan di bidang sosial, ekonomi, budaya dan politik dapat dilaksanakan dengan efektif.

Puan juga berharap, Rapim TNI-Polri 2022 dapat menghasilkan pemikiran yang konstruktif terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 sekarang ini. Karena itu dia berharap TNI-Polri dapat ikut mengawal agenda pemulihan ekonomi nasional dan agenda reformasi struktural.

seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.