PBB Sebut Arus Pengungsi dari Ukraina ke Eropa Tengah Tembus 1,7 Juta Orang, Didominasi Perempuan dan Anak-anak
Evakuasi warga sipil dari Ukraina. (Wikimedia Commons/dsns.gov.ua/State Emergency Service of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari 1,7 juta orang Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia sejauh ini telah menyeberang ke Eropa Tengah, kata badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) pada Hari Senin, ketika ribuan lainnya mengalir melintasi perbatasan.

Polandia, yang memiliki komunitas Ukraina terbesar di Eropa Tengah, telah menerima lebih dari 1 juta pengungsi Ukraina sejak konflik dimulai pada 24 Februari, dengan tonggak sejarah berlalu pada Minggu malam.

"Ini adalah sejuta tragedi manusia, satu juta orang diusir dari rumah mereka oleh perang," tulis dinas penjaga perbatasan Polandia di Twitter pada Minggu malam, mengutip Reuters 8 Maret.

Sebanyak 1.735.068 warga sipil, kebanyakan perempuan dan anak-anak, karena laki-laki tinggal di rumah untuk berperang, sejauh ini telah melintasi perbatasan ke Eropa Tengah, kata UNHCR.

Sementara itu, Uni Eropa dapat melihat sebanyak 5 juta pengungsi Ukraina jika pemboman Rusia atas Ukraina berlanjut, kata diplomat tinggi Uni Eropa, Josep Borrell. Sebelumnya, Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai 'operasi khusus'.

Beberapa orang Ukraina telah melewati Eropa Tengah, menuju ke barat. Di Brussels, mahasiswa Katerina Debera mengatakan, dia berharap bisa membangun kehidupan normal di Belgia.

"Saya hanya ingin hidup dalam damai dan kebebasan. Dan saya berharap di sini hal itu menjadi mungkin," kata mahasiswa berusia 20 tahun dari Lviv itu kepada Reuters.

Orang-orang Eropa Tengah, yang ingatannya akan dominasi Moskow setelah Perang Dunia Kedua semakin dalam, terus menunjukkan dukungan untuk tetangga timur mereka.

pengungsi invari rusia ke ukraina
Penumpukan penumpang di stasiun kereta Darnytsia. (Wikimedia Commons/A1)

Di stasiun kereta api Przemysl, kota besar Polandia terdekat dengan perbatasan tersibuknya dengan Ukraina, sekitar 150 anak Ukraina dari panti asuhan di wilayah Kyiv tiba dengan kereta api dari Lviv.

Saat menunggu untuk turun, mereka berkumpul di jendela kereta dan mengintip ke luar. Beberapa tersenyum, yang lain memberikan ciuman atau melambai kepada para sukarelawan dengan jaket reflektif kuning di peron. Seorang relawan datang untuk menghibur mereka.

Di kota yang sama, sebuah badan amal anak-anak telah menyiapkan gedung olahraga sekolah yang diubah untuk menyambut mereka.

"Kami memiliki makanan untuk mereka, akan ada banyak anak-anak yang sangat kecil sehingga kami harus mengganti popok dan lain-lain," Przemek Macholak, wakil kepala respon krisis di Happy Kids, sebuah organisasi non-pemerintah Polandia, mengatakan kepada Reuters.

"Kemudian mereka akan pergi ke bus lagi, mereka akan pergi ke Polandia, perjalanan 20 jam lagi," sambungnya di aula, di mana ibu dan anak-anak beristirahat di dipan di aula utama dan sumbangan pakaian, makanan dan minuman berjajar di sepanjang koridor di luar.

Happy Kids, yang telah membantu evakuasi sekitar 2.000 anak yatim sejauh ini, mengatakan mereka berusaha untuk tidak memisahkan anak-anak begitu mereka tiba di Polandia.

"Baru dua hari yang lalu kami mengangkut 700 anak. Tidak mudah menemukan tempat bagi siapa pun, tetapi lebih sulit lagi menemukan tempat untuk 700 anak di satu tempat yang sama," papar Macholak.

Untuk diketahui, Pemerintah Polandia meloloskan rancangan undang-undang untuk menciptakan dana 8 miliar zloty (1,75 miliar dolar AS) untuk membantu pengungsi dari Ukraina.