Pemkab Aceh Jaya Buka Pendaftaran Beasiswa untuk Santri
Sejumlah Satri sedang belajar di Dayah Ar Rissalah Kecamatan Krueng Sabee Aceh Jaya (Via ANTARA)

Bagikan:

ACEH JAYA - Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Jaya membuka pendaftaran beasiswa bagi santri yang sedang belajar ilmu agama di Aceh Jaya maupun di luar kabupaten tersebut.

"Bantuan biaya pendidikan bagi santri ini bertujuan meringankan beban para orang tua dan memberikan kenyamanan santri selama menempuh pendidikan agama di dayah/pesantren,” kata Kepala Dinas Pendidikan Dayah Abdul Halim di Aceh Jaya, Antara, Rabu, 6 April.

Ia menjelaskan pihaknya telah mengirim surat kepada para camat agar disampaikan pada keuchik/kepala desa di masing-masing gampong untuk mengirimkan data santri dayah yang aktif, khususnya untuk santri yang belajar di luar Kabupaten Aceh Jaya.

Menurut dia pendaftaran biaya pendidikan tersebut telah dibuka sejak 31 Maret hingga 12 April 2022.

“Kami sudah membuka pendaftaran sejak 31 Maret dan akan berakhir pada 12 April 2022,” Katanya.

Ia menjelaskan syarat yang harus disiapkan para santri untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah melampirkan surat permohonan yang ditujukan kepada Bupati Aceh Jaya cq. kepala dinas pendidikan dayah, melampirkan biodata santri dan melampirkan surat keterangan aktif dari dayah tempat santri belajar (beut) yang di tandatangani oleh pimpinan dayah, khusus untuk santri dalam kabupaten surat aktif dibuat secara kolektif.

Selanjutnya, santri melampirkan foto ukuran 3x4 sebanyak satu lembar, biodata santri, melampirkan foto copy buku rekening Bank Aceh yang masih aktif.

Utuk jumlah beasiswa santri dalam kabupaten Aceh Jaya sebesar Rp600 ribu dan luar kabupaten Rp1 juta per penerima dan akan ditransfer melalui rekening masing-masing.

Ia menyampaikan tahun ini jumlah anggaran yang diplot Pemerintah Aceh Jaya untuk beasiswa santri sebesar Rp 2,4 milyar yang bersumber dari anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Jaya Tahun Anggaran 2022.