Berita Mancanegara: PM Inggris Boris Johnson Sebut Negosiasi dengan Presiden Putin Seperti Berurusan dengan Buaya
PM Inggris Boris Johnson bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv. (Sumber: president.gov.ua)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengindikasikan, diplomasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengakhiri invasi di Ukraina akan mengalami kegagalan.

Tidak cuma itu, PM Johnson pun memperbandingkan berurusan dengan Presiden Vladimir Putin dengan berunding ketika buaya ada di kaki Anda.

Berbincang-bincang dalam penerbangan ke India, PM Johnson mengatakan Presiden Putin mungkin cuma berupaya untuk berdiplomasi dengan sungguh-sungguh, apabila ia sukses merebut beberapa besar Ukraina.

Sebut Negosiasi dengan Presiden Putin Seperti Berurusan dengan Buaya

PM Johnson mengatakan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memiliki pendekatan maksimal, untuk ingin mendapatkan kembali wilayah yang direbut oleh Rusia di timur Ukraina.

Namun dia mengatakan, dirinya yakin Presiden Zelensky terbuka untuk negosiasi di Krimea, yang dianeksasi oleh pasukan Putin pada 2014.

"Ukrainalah yang menentukan masa depan mereka. Tidak ada yang harus diputuskan tentang Ukraina tanpa Ukraina," ujar PM Johnson seperti melansir The National News 21 April.

"Tetapi saya pikir sangat sulit untuk melihat bagaimana Ukraina dapat bernegosiasi dengan Putin sekarang, mengingat kurangnya itikad baik dan strateginya, yang terbukti, untuk mencoba menelan dan merebut sebanyak mungkin Ukraina, dan kemudian mungkin memiliki semacam negosiasi dari posisi yang kuat, atau bahkan untuk meluncurkan serangan lain di Kyiv," paparnya.

"Jadi saya benar-benar tidak melihat bagaimana orang Ukraina dapat dengan mudah duduk dan datang ke beberapa jenis akomodasi."

"Bagaimana Anda bisa bernegosiasi dengan buaya ketika kaki Anda berada di rahangnya? Itulah kesulitan yang dihadapi orang Ukraina. Saya tidak melihat bagaimana Putin dapat dianggap sebagai lawan bicara yang valid sekarang," tandasnya.

Berbeda dengan Presiden Putin, PM Johnson menyebut Presiden Zelensky, yang baru-baru ini ia kunjungi di Kyiv dan sering menelepon, bisa terbuka untuk negosiasi di Krimea.

"Pandangan Presiden Ukraina, jika saya memahaminya dengan benar, saya banyak berbicara dengannya, dia sebenarnya ingin pasukan Rusia dikeluarkan dari posisi mereka yang ada di Donetsk dan Luhansk," terang PM Johnson.

"Itu posisi yang cukup maksimal. Di Krimea, mereka tidak begitu maksimal," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Sebut Negosiasi dengan Presiden Putin Seperti Berurusan dengan Buaya, PM Inggris Boris Johnson: Itulah Kesulitan Orang Ukraina

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!