Menhan AS Puji Perlawanan Ukraina Menginspirasi, Bisa Menang Perang Lawan Rusia
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin. (Wikimedia Commons/U.S. Secretary of Defense)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin memuji perlawanan yang diberikan Ukraina terhadap invasi Rusia mampu menginsipirasi, bahkan bisa memenangkan perang.

Berbicara dalam pertemuan dengan perwakilan lebih dari 40 negara pada Hari Selasa, Menteri Austin menyebut Ukraina dapat menang melawan Rusia dalam konflik yang telah berlangsung sejak 24 Februari.

"Perlawanan Anda telah membawa inspirasi ke dunia bebas," ujar Menteri Austin, saat ia mengecam invasi Rusia ke Ukraina sebagai 'tidak dapat dibenarkan' seperti melansir Reuters 26 April. dipertahankan'

"Ukraina jelas percaya mereka bisa menang, dan begitu juga semua orang di sini," sambung Menteri Austin.

Menteri Austin mengadakan acara di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman setelah perjalanan ke Kyiv, di mana ia menjanjikan dukungan tambahan untuk upaya perang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Mereka bisa menang jika mereka memiliki peralatan yang tepat, dukungan yang tepat," ujar Menteri Austin kepada wartawan sebelumnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Austin dalam percakapan telepon dengan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii reznikov dukungan militer Amerika untuk Ukraina, dengan sejumlah senjata menjadi prioritas untuk dikirim guna membantu Kyiv menghadapi Rusia.

Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV), sistem rudal anti-tank Javelin dan sistem rudal permukaan-ke-udara portabel Stinger berada dalam prioritas pasokan senjata AS ke Ukraina.