Berita Yogyakarta: Puncak Arus Balik di Bandara YIA Capai 12.100 Penumpang
Kondisi arus balik di Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Puncak pergerakan penumpang arus balik di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu, mencapai sekitar 12.100 penumpang dengan 74 pergerakan pesawat terbang dengan satu diantaranya penerbangan internasional.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Minggu, mengatakan pergerakan penumpang sebanyak 12.100 orang ini terdiri dari 5.300-an penumpang kedatangan dan 6.800-an penumpang keberangkatan.

"Jumlah penumpang yang tercatat hari ini ada sekitar 12.100 ditambah dengan penerbangan internasional hari ini ke Kuala Lumpur dengan keberangkatan sejumlah sekitar 140 lebih penumpang," kata Agus Pandu seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Bandara YIA Capai 12.100 Penumpang

Ia mengatakan puncak arus balik Lebaran 2022 di Bandara Internasional Yogyakarta terjadi pada hari ini. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya. Hari ini, pihaknya mencatat sekitar 74 pergerakan pesawat dengan berbagai rute memang akumulasi 60 persen masih didominasi rute Cengkareng.

"Jadi sesuai dengan rencana penerbangan. Hari ini ada lonjakan penumpang untuk arus balik di mana sesuai dengan prediksi kita penumpang dengan jumlah di atas 12.000," kata Agus Pandu.

Agus Pandu mengatakan sebelumnya otoritas bandara sudah memperkirakan akan ada lonjakan jumlah penumpang hingga 12.000 orang saat puncak arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Hal ini sesuai prediksi, karena memang kemarin itu waktu arus mudik kita baru 11.800 orang dari prediksi di 12.000 orang. Ternyata prediksi kami begitu balik banyak sekali para pengguna jasa, yang awalnya menggunakan kendaraan darat, kemudian terjadi kemacetan sehingga sebagian mereka memilih jalur udara," katanya.

Lebuh lanjut, Agus Pandu mengatakan jumlah yang tercatat hari ini juga memecahkan rekor penumpang sejak Bandara Internasional Yogyakarta mulai beroperasi 2019 silam.

"Puncak pergerakan penumpang arus balik di Bandara Internasional Yogyakarta hari ini tertinggi sejak operasional bandara," katanya.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!