Daerah Kumuh di Jakarta Selatan Akan Ditata Ulang Pemerintah
Ilustrasi daerah kumuh di Jakarta Selatan/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 90 rukun warga (RW) di 10 kecamatan di Jakarta Selatan bakal dilakukan penataan hingga akhir tahun 2022. Hal ini dilakukan untuk membuat lingkungan yang awalnya terlihat kumuh, menjadi lebih baik dan lebih sehat.

Kasudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Jakarta Selatan, Imam Bahri mengatakan penataan ini merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya.

"Penataan 90 RW kumuh di Jakarta Selatan pada 2022 merupakan kelanjutan dari program di tahun sebelumnya dan merupakan hasil dari Musrenbang," kata Imam kepada wartawan, Rabu, 22 Juni.

Imam mengungkapkan, bila sebelumnya sudah melakukan penataan di tiga kawasan Community Action Plan (CAP) yang telah dianggarkan tahun lalu.

Adapun tiga kawasan itu adalah Pasar Manggis, Menteng Atas dan Pela Mampang.

Melalui data Badan Pusat Statistik (BPS), lanjut Imam, telah dipilih 90 RW yang dianggap kumuh di Jakarta Selatan untuk dilakukan perbaikan.

"Kita gak masuk ke private area tapi ke jalan aksesnya yang dibenahi," katanya.

Saat ditanya berapa anggaran yang disiapkan untuk penataan 90 RW kumuh itu, Imam mengaku tidak begitu mengetahui hal tersebut. Namun, ia menututkan bahwa anggaran itu akan dicairkan hingga akhir tahun 2022.

"Anggarannya saya lupa, nanti coba saya cek. Saya tanya dinas dulu ya, tapi katanya akhir tahun ini," tutupnya.