Mangkunegara X akan Kenalkan Budaya Jawa ke Luar Negeri Mulai dari Malaysia, Australia hingga Thailand
Pura Mangkunegaran Solo. ANTARA/Aris Wasita

Bagikan:

SOLO - Mangkunegara X Gusti Pangeran Haryo Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo akan mengenalkan budaya Jawa ke luar negeri melalui pementasan tarian di tiga negara, yakni Malaysia, Australia, dan Thailand.

"Bulan ini ke Malaysia, bulan depan ke Australia, dan bulan depannya lagi ke Thailand," katanya di Solo dilansir ANTARA, Jumat, 8 Juli.

Dia mengatakan para penari dari Pura Mangkunegaran akan tampil di negara-negara tersebut untuk mempromosikan kebudayaan dengan harapan bisa mengenalkan kebudayaan Jawa ke masyarakat secara luas.

"Kegiatan ini kami rancang sendiri, harapannya tidak hanya makin dikenal oleh masyarakat lokal tetapi juga mancanegara," katanya.

Selain pementasan tari, pada rangkaian acara tersebut pihaknya juga akan menggelar workshop melalui kerja sama dengan perguruan tinggi setempat.

"Tujuannya agar hubungan makin erat. Kalau jenis tarian yang akan kami pentaskan macam-macam, tiap negara beda-beda," sambung Mangkunegara X.

Sementara itu, Pura Mangkunegaran Surakarta selama ini memiliki kepedulian tinggi terhadap perkembangan budaya tradisional. Selain aktif mengikuti sejumlah gelaran budaya skala besar, pihaknya juga tetap ingin dekat dengan masyarakat untuk mengenalkan kebudayaan Mangkunegaran.

"Ke depannya, dengan event-event yang kami rencanakan, kesempatan kami mengenalkan kebudayaan Mangkunegaran kepada masyarakat luas," ujar Mangkunegara X.

Upaya tersebut sambungnya tidak lepas karena sebagian masyarakat yang ingin mengetahui mengenai kehidupan hingga kebudayaan Mangkunegaran.

"Ini bagian dari pelestarian budaya, bagian dari komunikasi Mangkunegaran kepada masyarakat luas untuk bisa makin dekat," katanya.