Penduduk Kepulauan Faroe Sepakat Batasi Jumlah Lumba-lumba yang Diburu, LSM Sebut Tidak Termasuk Paus Pilot yang Jadi Target Buruan Utama
Ilustrasi perburuan lumba-luma di Kepulauan Faroe. (Sumber: Instagram seashepherd)

Bagikan:

JAKARTA - Kepulauan Faroe membatasi jumlah lumba-lumba yang dapat dibunuh dalam perburuan tradisionalnya, setelah pembantaian tahun lalu terhadap lebih dari 1.400 lumba-lumba mengundang kecaman internasional.

Di bawah tradisi berusia empat abad, mamalia laut didorong ke perairan dangkal di sekitar kepulauan Atlantik Utara dengan perahu motor, sebelum disembelih untuk diambil daging dan lemaknya.

Sekarang, pemburu paus hanya dapat menangkap 500 lumba-lumba sisi putih Atlantik setahun, sebagai bagian dari perburuan 'grindadráp' yang berlangsung antara Juli dan September.

Pemerintah di pulau-pulau Denmark semi-independen mengumumkan tindakan pembatasan pada 10 Juli lalu, dengan mengatakan itu "sebagai tanggapan atas tangkapan yang luar biasa besar" pada 14 September 2021.

perburuan lumba-lumba kepulauan faroe
Ilustrasi perburuan lumba-luma di Kepulauan Faroe. (Sumber: Instagram seashepherd)

"Aspek dari tangkapan itu tidak memuaskan, khususnya jumlah lumba-lumba yang mati dalam jumlah yang luar biasa besar," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, melansir Euronews 12 Juli.

Ini, katanya, "tidak mungkin menjadi tingkat tangkapan yang berkelanjutan dalam basis tahunan jangka panjang."

Proposal tersebut diharapkan akan menjadi undang-undang pada 25 Juli dan akan berlaku untuk musim 2023 juga. Namun, kelompok lingkungan telah menyatakan skeptis tentang waktu pengumuman.

Sea Shepherd, organisasi konservasi laut yang telah lama berkampanye menentang grindadráp atau 'grind', mengklaim "kuota yang diusulkan jelas telah disatukan dalam upaya untuk mengalihkan perhatian politisi Inggris", menjelang debat pemerintah tentang masalah tersebut.

perburuan lumba-luma kepulauan faroe
Ilustrasi perburuan lumba-luma di Kepulauan Faroe. (Sumber: Instagram seashepherd)

Komite Petisi Inggris setuju untuk memperdebatkan petisi yang menyerukan penangguhan perjanjian perdagangan bebas Inggris dengan Kepulauan Faroe, sampai perburuan paus dan lumba-lumba berakhir, setelah mendapat lebih dari 100.000 tanda tangan bulan lalu.

"Pemerintah sangat prihatin dengan berlanjutnya perburuan cetacea di Kepulauan Faroe. Perburuan ini kejam, dan tidak berkelanjutan," kata Menteri Perdagangan Andrew Griffith sebagai tanggapan.

Namun, dia menambahkan bahwa mengabaikan kesepakatan perdagangan Inggris-Faroes akan menjadi 'kontraproduktif', karena akan mengurangi pengaruh Inggris pada standar kesejahteraan hewan.

Tetapi kampanye 'Stop the Grind' Sea Shepherd mengklaim bahwa proposal Pemerintah Faroe tidak cukup karena tiga alasan utama.

perburuan lumba-lumba kepulauan faroe
Ilustrasi perburuan lumba-luma di Kepulauan Faroe. (Sumber: Instagram seashepherd)

Disebutkan, kuota 500 ekor lumba-lumba tidak berlaku untuk paus pilot yang sebenarnya merupakan anggota keluarga lumba-lumba dan menjadi target utama perburuan. Sekitar 700 paus pilot terbunuh rata-rata per tahun, menurut catatan organisasi tersebut.

Jumlah rata-rata lumba-lumba sisi putih yang terbunuh setiap tahun, sementara itu, hanya 193 selama empat dekade terakhir, bahkan terhitung untuk 1.428 ekor super yang belum pernah terjadi sebelumnya yang terbunuh tahun lalu. Hanya 35 makhluk yang terbunuh pada tahun 2020, menurut data yang disimpan oleh Kepulauan Faroe.

Karena ini di bawah kuota, Sea Shepherd mengatakan tidak akan mengurangi jumlah lumba-lumba yang terbunuh. Dan bahkan jika lebih dari 500 lumba-lumba sisi putih dibunuh tahun ini, tampaknya tidak ada hukuman bagi pemburu paus yang melanggar.

Pembela tradisi perburuan paus menunjukkan fakta bahwa itu tidak komersial. Dorongan diatur oleh hukum dan daging dan lemak dibagi atas dasar komunitas.

Diketahui, Pemerintah Faroe mengatakan "terus mendasarkan kebijakan dan tindakan pengelolaannya pada hak dan tanggung jawab rakyatnya untuk memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan. Ini juga termasuk mamalia laut, seperti paus pilot dan lumba-lumba."