Perbedaan Kebutuhan Skincare Antara Pria dan Wanita
Ilustrasi pemakaian skincare pada pria (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baik pria maupun wanita perlu menggunakan skincare, namun dengan kebutuhan yang berbeda, jelas Dermatologist dr. Ika Ayu, M.Biomed (AAM).

“Jenis kulit laki-laki sama perempuan pasti beda ya. Kalau perempuan itu biasanya jauh lebih tipis, kalau laki-laki strukturnya lebih tebal dan pori-porinya juga lebih besar daripada perempuan,” kata Ika kepada ANTARA saat dijumpai di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis.

Dengan kondisi kulit laki-laki yang cenderung beraktivitas di luar ruangan, Ika mengatakan bahwa skincare yang dibutuhkan adalah sunblock. Sebab tanpa penggunaan sunblock, kulit dapat rentan berminyak dan berjerawat seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Skincare Antara Pria dan Wanita

“Untuk laki-laki, apalagi mereka aktivitasnya banyak outdoor ya, dan nggak serajin perempuan pakai sunblock, nah itu juga mempengaruhi kenapa laki-laki lebih sangat berminyak dan jerawat,” jelas Ika.

“Dari segi skincare juga pastinya beda. Karena kalau misalnya laki-laki itu yang dibutuhkan adalah sunblock. Sunblocknya juga berbeda dari perempuan. Kalau laki-laki itu yang oil free atau water based. Karena hampir semua laki-laki kulitnya berminyak,” tambahnya.

Selain itu, Ika juga mengingatkan agar lebih berhati-hati dalam memilih serum. Sebab, serum pria dan wanita juga berbeda.

“Pemilihan serum juga hati-hati. Karena serum perempuan sama laki-laki berbeda. Karena laki-laki kurang aware, jadi cenderung iritasi. Jadi penting untuk dikonsultasikan,” tutupnya.

Ika berharap, kini pria lebih dapat peduli terhadap kesehatan kulitnya. Sebab, bukan hanya wanita yang membutuhkan perawatan kulit dengan skincare. Pria pun juga memerlukan skincare sesuai dengan jenis dan kebutuhannya masing-masing.