Pemprov DKI Mulai Kerjakan Penataan PKL di Trotoar Kebayoran Baru
ILUSTRASI/Irfan Meidianto (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengatakan pihaknya  tengah memulai pekerjaan penataan pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Jalan Raden Patah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Syafrin menyebut, lokasi penempatan PKL berada di sisi Barat gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tepatnya di lokasi Roti Bakar Eddy Blok M.

"Lokasi pekerjaan mulai dari gerbang Bina Marga sampai dengan gerbang Sumber Daya Air, dengan panjang area pekerjaan 372 meter," kata Syafrin dalam keterangannya, Rabu, 11 November.

Karena itu, Dishub melakukan rekayasa lalu lintas sesuai pelaksanaan pengerjaan. Lokasi pekerjaan terbagi menjadi dua areak kerja, yakni di sisi utara dan di sisi selatan.

Pada sisi utara, pekerjaan dimulai dari gerbang Bina Marga sampai dengan gerbang Raden Patah akan menggunakan satu lahan area parkir kendaraan roda empat dan satu lajur lalu lintas. Kendaraan masih dapat melintas menggunakan Satu lajur.

Sementara, pada area kerja sisi selatan, pekerjaan dimulai dari gerbang Raden Patah sampai gerbang Sumber Daya Air akan menggunakan area parkir kendaraan roda dua jalur lambat. Lalu lintas dialihkan menggunakan jalur cepat.

"Selama pekerjaan, pedagang kaki kima akan dipindahkan sementara di sisi utara dan selatan area pekerjaan. Untuk lokasi parkir pengganti, sementara berada di sisi selatan dan utara area pekerjaan dan di depan Al-Azhar," kata Syafrin.

Syafrin melanjutkan, pekerjaan akan dimulai dari tanggal 11 November 2020 sampai dengan 30 Mei 2021. Setelah selesai pekerjaan, fungsi dan lokasi parkir akan dikembalikan seperti semula.

"Kementerian PUPR selaku pelaksana penataan PKL Higienis di Jalan Raden Patah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan dan keamanan pengguna jalan di lokasi pekerjaan," tutur dia.