Durasi Lampu Merah Terlama di Yogyakarta, Simpang Lempuyangan dan Pingit Kini Pakai Lampu ATCS Berspeaker
Ilustrasi lampu lalu lintas atau karib disebut lampu merah. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta menambahkan dua titik lampu lalu lintas yang tersambung dengan area traffic control system atau ATCS. Di dua titik itu, lampu ATCS diberi tambahan speaker untuk memberikan peringatan kepada pengguna jalan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto mengatakan upaya itu untuk untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut.

“Kami pasang di simpang Pingit dan simpang Lempuyang Wangi. Sedang dalam proses pemasangan,” kata dia di Yogyakarta, dikutip dari Antara, Kamis 28 Juli.

Windarto menuturkan, alokasi anggaran Kota Yogyakarta untuk pemasangan seluruh titik lampu ATCS dilengkapi speaker atau pengeras suara pada tahun ini sekitar Rp600 juta.

Adapun selain di Pingit dan simpang Lempuyang Wangi, titik lampu ATCS dengan pengeras suara di Yogyakarta terdapat di simpang empat SGM, simpang Sentul, simpang Jalan Cendana, simpang Permata, dan simpang Gondomanan.

Dishub Kota Yogyakarta berharap, sebanyak 52 simpang di seluruh Kota Yogyakarta bisa terhubung dengan ATCS yang juga dilengkapi pengeras suara dengan pengadaan bertahap.

Melalui ATCS, dimungkinkan pengaturan durasi lampu lalu lintas bisa dilakukan lebih mudah karena bisa langsung dikontrol secara terpusat disesuaikan kondisi lalu lintas di lapangan sehingga bisa mengurai antrean kendaraan.

Penentuan lokasi simpang yang akan dilengkapi dengan ATCS didasarkan pada hasil kajian terkait kondisi lalu lintas di sebuah kawasan atau simpang jalan.

Windarto menambahkan, simpang Pingit dikenal masyarakat memiliki durasi lampu lalu lintas terlama di antara simpang jalan lain di Kota Yogyakarta dan kerap dikeluhkan pengguna jalan karena harus berhenti cukup lama saat lampu merah.

Sementara itu di simpang Lempuyang Wangi kerap terjadi kepadatan lalu lintas saat jam sibuk pada pagi dan sore hari.