Pura Mangkunegaran Gelar Kirab Pusaka Dalem Malam 1 Sura
Penguasa Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X. ANTARA/Aris Wasita

Bagikan:

SOLO - Pura Mangkunegaran Surakarta akan menggelar Kirab Pusaka Dalem malam 1 Sura, Jumat mulai pukul 19.00 WIB.

Penguasa Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X mengatakan sejauh ini persiapan kirab sudah dilakukan.

"Kami memastikan bagaimana bisa berjalan baik dengan tetap menjaga protokol kesehatan, sepertinya antusiasme masyarakat tinggi. Ini menjadi pengalaman baik bagi masyarakat Solo dan sekitar," katanya dilansir ANTARA, Jumat, 29 Juli.

Pada kirab tersebut nantinya seluruh peserta kirab harus mengenakan baju adat Jawa.

"Untuk acaranya terbuka, mulai jam 19.00-21.30 WIB. Kalau rutenya dari pendopo, keluar ke selatan, pamedan, ke arah barat, muter Mangkunegaran satu kali kemudian kembali masuk," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Pengageng Kantor Pariwisata Puro Joko Pramudyo mengatakan Kirab Pusaka Dalem rencananya akan dipimpin oleh KRMH Roy Rahajasa Yamin sebagai cucuk lampah.

Selanjutnya akan diikuti oleh keluarga, kerabat, abdi dalem Mangkunegaran, tamu undangan, serta masyarakat umum.

Joko mengatakan setelah pelaksanaan Kirab Pusaka Dalem, kegiatan akan dilanjutkan dengan prosesi semedi yang akan dilaksanakan di Pendapa Agung dan Paringgitan Pura Mangkunegaran hingga Sabtu (30/7) atau 1 Sura dini hari.

"Selama prosesi Kirab Pusaka Dalem, para peserta tidak diperbolehkan memakai alas kaki dan berbicara dengan makna bahwa manusia selalu berhubungan dengan bumi dan manembah (berbakti atau mengabdi) kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dalam keadaan suci dan sebagai bentuk penguasaan diri agar tidak menimbulkan fitnah bagi orang lain," katanya.