Dekati Bandara YIA, Imigrasi Yogyakarta Bakal Dirikan Kantor di Kulon Progo
Ilustrasi situasi di bandara. (Antara)

Bagikan:

DIY - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah beroperasi. Mendekatkan diri dengan calon penumpang, Imigrasi akan membuka operasional di wilayah itu.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Yogyakarta Muhammad Yani Firdaus mengatakan Imigrasi itu akan berada dibawah naungan Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Yogyakarta.

"Hal teknis dan historis mengenai perlunya didirikan Kantor Imigrasi di Kulon Progo, salah satunya karena Kabupaten Kulon Progo letaknya sangat strategis dalam perlintasan orang, apalagi saat ini ada Bandar Udara YIA," kata Yani di Kulon Progo, dikutip dari Antara, Jumat 5 Agustus.

Ia melanjutkan, ada beberapa opsi lokasi pendirian Kantor Imigrasi. PT Angkasa Pura I menawarkan kantor di kawasan bandara, kemudian saat audiensi dengan penjabat bupati ditawari di dekat embarkasi haji di Kokap, dan opsi ketiga di lokasi lain.

"Kami mengharapkan dukungan dari DPRD Kulon Progo untuk pembangunan Kantor Imigrasi ini," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati menyampaikan apresiasi dan mendukung dengan hadirnya Kantor Imigrasi di Kabupaten Kulon Progo karena tanpa ada bandara YIA, masyarakat Kulon Progo sangat membutuhkan Kantor Imigrasi.

Dia bilang, salah satu alasannya jarak dari Kulon Progo ke Kanim Yogyakarta cukup jauh walaupun di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kulon Progo sudah ada layanan paspor, tapi potensi ke depan dalam hal keimigrasian akan meningkat.

DPRD Kabupaten Kulon Progo akan membantu secara administratif pembangunan Kantor Imigrasi di Kabupaten Kulon Progo dengan menuangkan dalam bentuk surat yang nanti dikirimkan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kementerian Hukum dan HAM untuk diteruskan kepada Menteri Hukum dan HAM.

“Potensi kebutuhan layanan keimigrasian di Kabupaten Kulon Progo cukup besar ke depannya. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan mendukung dengan hadirnya Kantor Imigrasi di Kabupaten Kulon Progo," ucapnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kulon Progo Muhtarom Asrori menyambut baik rencana pembangunan Kantor Imigrasi.

Bandara YIA yang melayani penerbangan internasional otomatis akan meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung ke DIY. "Kami berharap dengan adanya Kantor Imigrasi di Kulon Progo akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo," tandasnya.