Menpora: HUT Ke-77 RI Jadi Momentum Perkokoh Persatuan
Menpora Zainudin Amali menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 menjadi momentum untuk makin memperkokoh persatuan.

"Kita punya semangat persatuan yang luar biasa kokoh. Kita memang berasal dari beragam latar belakang," kata Amali dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

"Tapi, kita terikat dengan Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila yang menjadi dasar negara kita serta Undang-Undang Dasar 1945 yang menjadi pemandu jalannya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini," ujarnya menambahkan seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Jadi Momentum Perkokoh Persatuan

Dalam kesempatan ini, Amali mengaku bersyukur peringatan HUT RI ke-77 ini agak berbeda dengan peringatan HUT kemerdekaan dua tahun sebelumnya yang kala itu kasus COVID-19 masih tinggi.

"Tetapi sekarang, sejalan dengan mulai terkendalinya pandemi COVID-19, pemerintah mulai melonggarkan dan bahkan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menghadirkan banyak orang sudah hampir normal kembali seperti ketika sebelum pandemi," ujar Amali.

Amali berharap momen peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 makin membuat bangsa Indonesia tetap optimistis, bersatu, dan bergotong-royong. Meskipun tantangan ke depan tidak ringan.

Sebab, selain masih menghadapi pandemi COVID-19, ada juga ada tantangan-tantangan lain terutama tantangan global di bidang ekonomi.

Disamping itu, ada tantangan situasi di kawasan, baik itu perang yang sedang terjadi di Rusia dan Ukraina maupun kawasan lain karena akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan secara global dan berdampak terhadap Indonesia.

"Tetapi saya meyakini, kita punya semangat persatuan yang luar biasa kokoh. Karena seberat apa pun tantangan yang kita hadapi Insyaallah pasti kita bisa lalui. Selamat memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77. Dirgahayu Republik Indonesia,” pungkasnya.