Tak Calonkan Diri di Periode Berikutnya, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Pamit ke DPR
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kompleks Parlemen/Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyatakan tidak mengikuti proses seleksi calon komisioner Komnas HAM Periode 2022-2027 dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Agustus. 

Dalam rapat tersebut, Taufan menyerahkan laporan tahunan Komnas HAM dan laporan panitia seleksi calon komisioner Komnas HAM 2022-2027.

"Ada dua laporan yang ingin saya sampaikan, pertama laporan tahunan kami. Secara simbolik akan saya sampaikan. Kedua, ini sangat penting, Pak, adalah laporan panitia seleksi calon komisioner Komnas HAM 2022-2027. Sudah disampaikan kemarin secara resmi melalui surat dan sekarang ingin saya sampaikan secara langsung kepada pimpinan secara simbolik," ujar Taufan saat rapat dengan Komisi III DPR RI, Kamis, 25 Agustus. 

Taufan lantas mengucapkan terima kasih kepada Komisi III DPR sekaligus berpamitan kepada Komisi III DPR RI karena tidak lagi mencalonkan diri pada periode berikutnya. 

"Terima kasih, Pak. Sekaligus saya kira sebagai saya pribadi juga saya ingin menyampaikan terima kasih pada seluruh pimpinan dan anggota Komisi III karena saya, termasuk yang tidak mencalonkan diri, Pak. Jadi mungkin ini sekaligus pamitan saya kepada Bapak-Ibu semua. Terima kasih atas dukungannya selama ini, lima tahun saya menjadi Ketua Komnas HAM," kata Taufan.

Diketahui, Panitia seleksi (pansel) Komnas HAM telah mengumumkan 14 calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027 untuk mengikuti uji kelayakan di DPR RI. Dari 14 calon anggota tersebut, nantinya akan diseleksi menjadi tujuh orang.

 

Berikut 14 calon anggota Komnas HAM yang akan mengikuti uji kelayakan di DPR:

1. Abdul Haris Semendawai

2. Amiruddin Al Rahab

3. Anis Hidayah

4. Antonio Pradjasto Hardojo

5. Atnike Nova Sigiro

6. Beka Ulung Hapsara

7. Chrisbiantoro

8. Hari Kurniawan

9. Prabianto Mukti Wibowo

10. Pramono Ubaid Tanthowi

11. Putu Elvina

12. Rita Serena Kolibonso

13. Saurlin P Siagian

14. Uli Parulian Sihombing