Longsoran Baru Banyak Ditemukan di Puncak Merapi
Gunung Merapi (BNPB via ANTARA)

Bagikan:

SLEMAN - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui udara dengan helikopter. Dari pemantauan tampak banyak longsoran baru di puncak Gunung Merapi.

Kegiatan tersebut dilakukan guna memonitoring wilayah untuk kemudian dapat diambil langka lanjutan terkait mitigasi kebencanaan bagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai yang aliran airnya berhulu di lereng Gunung Merapi.

"Bagi kami, sebagai bahan evaluasi untuk mitigasi masyarakat di bantaran sungai yang berhulu di lereng Gunung Merapi," kata Koordinator Bidang Operasi TRC BPBD DIY Endro Sambodo dalam siaran pers BNPB dikutip Antara, Jumat, 27 November.

Menurut Endro, hasil monitoring melalui udara tersebut ada banyak material longsoran baru dari puncak gunung tersebut.

"Secara sekilas, terdapat banyak material longsoran baru. Longsoran mengarah ke lereng Merapi yang secara dominan menuju ke barat dan barat daya," katanya.

Dilihat dari morfologinya, Endro menyebut, material longsoran tersebut mengarah ke hulu Kali Senowo, Kali Putih, dan Kali Lamat.

Untuk wilayah barat daya, ada beberapa material yang berada di lereng Merapi mengarah ke hulu Kali Boyong dan Kali Krasak, sedangkan untuk sisi tenggara di hulu Kali Gendol terlihat ada longsoran material baru. Perkiraan sementara longsoran tersebut berasal dari bukaan kawah di dinding sebelah barat.

"Untuk kajian lebih lanjut, TRC BPBD DIY kemudian melaporkan hasil pantauan tersebut ke Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) untuk dianalisa lebih lanjut," kata Endro