Yayasan Prasasti Perdamaian dan Humanity Matters Beri Bantuan <i>Water Treatment</i> kepada Pemkab Sleman
Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menerima hibah satu unit water treatment system. (foto: dok. antara)

Bagikan:

SLEMAN- Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menerima hibah berupa satu unit water treatment system atau sistem pengolahan air dan lima unit oxygen concentrator yang diberikan oleh Yayasan Prasasti Perdamaian bersama Humanity Matters.

Hibah diterima langsung oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Posko Utama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Sabtu.

Special Advisor Humanity Matters Hasan Ahmad mengatakan bahwa hibah kepada Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Yayasan Prasasti Perdamaian ini merupakan salah satu program kerja sama yang dilakukan 20 delegasi anak muda ASEAN dalam kegiatan Faiths Work di Sleman.

"Kegiatan Faiths Work ini merupakan program yang mempertemukan 20 delegasi anak muda dari 10 negara ASEAN dalam workshop mengenai pelayanan kemanusiaan dan telah diselenggarakan ketiga kalinya setelah sebelumnya di Filipina dan Singapura," katanya.

Hibah yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Sleman salah satunya yaitu alat pengolah air  yang mampu merubah air kotor menjadi air bersih dan mampu menghasilkan 500 liter air bersih dalam waktu satu jam dengan cara dipompa manual, dengan listrik maupun dengan sistem tenaga surya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Humanity Matters dan Yayasan Prasasti Perdamaian yang telah memberikan hibah alat pelayanan kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Sleman.

Menurut dia, hibah yang diberikan tersebut akan semakin melengkapi kebutuhan sarana prasarana dalam pelayanan kesehatan masyarakat di Sleman.

Selain itu, Danang juga menyampaikan apresiasinya kepada 20 delegasi anak muda ASEAN yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Sleman dan juga melakukan renovasi di Puskesmas Pakem.

"Kami juga sangat mengapresiasi kegiatan pelayanan kemanusiaan yang dilakukan 20 delegasi anak muda ASEAN melalui renovasi kecil dan sedang di Puskesmas Pakem. Semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda di Kabupaten Sleman untuk juga banyak terlibat dalam pelayanan kemanusiaan," katanya.

Usai melakukan penandatanganan naskah hibah, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bersama Perwakilan Humanity Matters dan Yayasan Prasasti Perdamaian meninjau secara langsung proses pengoperasian unit pengolah air yang sementara ditempatkan di Posko Utama BPBD Sleman.

Dalam peninjauan tersebut, Danang Maharsa juga melakukan simulasi pemompaan alat itu secara manual yang menghasilkan air bersih yang kemudian dapat diminum secara langsung.