Bupati Kustini Berharap Jalan Tol di Sleman Tumbuhkan Perekonomian
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Bagikan:

SLEMAN - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo berharap keberadaan tiga ruas jalan tol yang melintas di wilayah Sleman akan berdampak menumbuhkan  perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Nanti akan ada tiga ruas tol yang melintasi Sleman, harapan kami keberadaan tol tersebut berdampak pada pertumbuhan dan peningkatan ekonomi masyarakat," kata Kustini dilansir ANTARA, Senin, 17 Oktober.

Tiga tol yang akan melintasi wilayah Kabupaten Sleman yakni tol Yogyakarta-Bawen, Yogyakarya-Solo, dan Yogyakarta-Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang merupakan satu paket pembangunan tol Yogyakarta-Solo.

Saat ini pembangunan tol Yogyakarta-Solo seksi 3, yang menghubungkan Yogyakarta-YIA Kulon Progo telah dimulai dengan rencana pembebasan lahan.

Kustini Sri Purnomo menyatakan pihaknya telah menerima sosialisasi terkait pembangunan tol tersebut pekan lalu. "Pemerintah Kabupaten Sleman mendukung  rencana pembangunan tol tersebut," katanya.

Dia mengatakan, dengan adanya tol tersebut, akses jalan ke wilayah Sleman juga akan semakin lancar dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Dengan demikian ini juga akan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sleman," katanya.

Kustini mengatakan, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sleman diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Ini juga akan memicu pengembangan destinasi dan desa wisata di Sleman, termasuk juga sektor ekonomi kreatif," katanya.

Tol Yogyakarta-YIA sepanjang 38,57 kilometer dari Yogyakarta menuju Kabupaten Kulon Progo ini akan melintasi empat kapanewon (kecamatan) di Kabupaten Sleman, yakni Kapanewon Mlati, Gamping, Godean, dan Moyudan.