Produsen AK-47 Kalashnikov Rusia Sempurnakan Senjata Ringan Berdasarkan Pengalaman Perang Ukraina
Tentara Rusia membawa senapan AK-12 dalam parade. (Wikimedia Commons/The Presidential Press and Information Office)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen senjata Kalashnikov menyempurnakan senjata ringan buatannya, berdasarkan pengalaman tempur pasukan Rusia dalam operasi militer khusus di Ukraina.

Grup Kalashnikov, pembuat senapan serbu AK-47 yang terkenal di dunia, meningkatkan senjata ringan berdasarkan pengalaman penggunaannya dan interaksi dengan Kementerian Pertahanan, kata Presiden Grup Kalashnikov Alan Lushnikov.

"Kami terus berhubungan dan bekerja dengan pelanggan, Departemen Rudal dan Artileri Utama (Kementerian Pertahanan)," ujar Lushnikov seperti dilansir dari TASS 12 November.

"Kami mengumpulkan umpan balik dan memiliki kelompok kerja permanen yang terdiri dari insinyur dan spesialis untuk berinteraksi dengan pelanggan," lanjut Lushnikov.

"Perbaikan sedang berlangsung dan ini adalah proses yang konstan. Ketika Anda melakukan penyesuaian pada item standar, Anda perlu memperkenalkan dan memverifikasinya melalui pengujian dan kemudian memasukkannya ke dalam produksi. Ini adalah proses yang konstan," katanya, membalas sebuah pertanyaan tentang peningkatan senjata kecil di tengah operasi militer khusus di Ukraina.

Diberitakan sebelumnya, Rusia memodifikasi senapan serbu Kalashnikov AK-12 yang digunakan pasukannya di Ukraina untuk mempercepat penembakan, memberi tentara lebih banyak kendali atas mode penembakan, kata kantor berita negara RIA.

Senapan serbu AK-12 yang mulai memasuki dinas militer Rusia tahun 2018, akan menonaktifkan dua putaran burst cut-off, menghadirkan kontrol mode penembakan dua arah, serta sandaran pipi yang dapat disesuaikan, kata Lushnikov kepada RIA.

"Dalam waktu sesingkat mungkin, kami memilih solusi teknis, membuat prototipe dan mendemonstrasikannya kepada perwakilan Kementerian Pertahanan Rusia," terang Lushnikov, melansir Reuters.

Sementara itu, CEO Grup Kalashnikov Vladimir Lepin sebelumnya mengatakan, perusahaan telah menyempurnakan senapan serbu AK-12 berdasarkan pengalaman penggunaannya dalam operasi militer khusus di Ukraina.

“Pengalaman operasi AK-12 dalam perang nyata adalah masalah terpisah. Pada Maret 2022, Departemen Rudal dan Artileri Utama (Kementerian Pertahanan Rusia) mengadakan serangkaian pertemuan tentang pengoperasian AK-12 di operasi militer khusus. Proposal sudah tersedia untuk peningkatan senjata lebih lanjut," jelas Lepin beberapa waktu lalu.

Diketahui, senapan serbu AK-12 yang dikembangkan oleh Kalashnikov, menjadi senjata standar angkatan bersenjata Rusia, telah melampaui persyaratan tembakan tanpa henti dari Kementerian Pertahanan Rusia.

Senapan ini memiliki kaliber 5,45 milimeter (mm) dan akurasi yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Senapan ini membanggakan akurasi api yang lebih besar dan beberapa rel Picatinny yang menyediakan platform, untuk memasang aksesori tambahan seperti pemandangan, pegangan depan, senter hingga penunjuk laser.

Selain itu, AK-12 dilengkapi dengan kompensator rem moncong berperforma tinggi tipe bayonet yang mudah dilepas. Konfigurasi moncong memungkinkan untuk segera memasang perangkat peredam suara dan cahaya.

Terkait