Nitrogen Cair Chiki Ngebul Tak Terdeteksi di Pasar Malam Stadion Cangkring Yogyakarta
Petugas melakukan pengawasan di Pasar Malam Stadion Cangkring, Kabupaten Kulon Progo/ANTARA

Bagikan:

KULON PROGO - Tim Dokter Kesehatan Polres Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan setempat melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap produk pangan siap saji yang menggunakan nitrogen cair yang berlokasi di Pasar Malam Stadion Cangkring.

Kasi Dokkes Penda Juliana Saragih mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan, Pasar Malam Cangkring negatif terkait dengan adanya ciki ngebul.

"Kandungan nitrogen cair yang digunakan dalam jajanan ciki ngebul sangat berbahaya jika dikonsumsi melebihi ambang batas atau cairan langsung kontak ke makanan," kata Jualiana di Kulon Progo, Antara, Selasa, 16 Januari.

Penggunaan nitrogen cair pada produk pangan siap saji menjadi perhatian dan menimbulkan permasalahan bagi kesehatan masyarakat. Beberapa jajanan yang menggunakan bahan berbahaya ini seperti ice smoke atau ciki ngebul. 

Saat dikonsumsi, ciki ngebul ini tidak hanya memberikan rasa dingin, tetapi juga sensasi mulut yang mengeluarkan asap.

Asap pada nitrogen yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah. Cairan ini jernih, tidak berwarna dan tidak berbau sehingga tidak mengubah rasa jika digunakan.

"Penggunaan dan penambahan nitrogen cair sangat berbahaya apabila dikonsumsi apalagi untuk efek jangka panjang. Tentunya ini akan berakibat menjadi masalah kesehatan yang fatal, yang mengakibatkan erosi lambung," katanya.

Ada beberapa kejadian keracunan pangan dan kasus terlaporkan sehubungan dengan konsumsi pangan jajanan yang menggunakan nitrogen cair, salah satunya kejadian pada 19 November 2022, UPTD Puskesmas Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya melaporkan telah terjadi KLB keracunan pangan dengan jumlah kasus 23 orang, satu kasus diantaranya dirujuk ke rumah sakit.

Jualiana mengatakan gejala timbul setelah mengkonsumsi jajanan jenis ciki ngebul.

Berdasarkan kejadian tersebut, ada beberapa hal yang Bidokes Polres Kulon Progo sampaikan.

Dinas Kesehatan provinsi/kabupaten/kota, puskesmas dan BTKLPP, serta kantor kesehatan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap produk pangan siap saji yang menggunakan nitrogen cair yang beredar di masyarakat di wilayah Kulon Progo.

Untuk itu, Bidokes Polres Kulon Progo memberikan edukasi kepada pelaku usaha dan pihak-pihak terkait terhadap bahaya nitrogen cair terhadap pangan siap saji, memberikan edukasi kepada sekolah-sekolah, anak-anak dan masyarakat terhadap bahaya nitrogen cair pada pangan siap saji.

"Untuk restoran yang menggunakan nitrogen cair pada produk pangan siap saji harus sesuai standar pangan dan dalam pengawasan dari Dinas Kesehatan setempat dan pihak terkait serta diberikan informasi cara konsumsi yang aman kepada konsumen," kata Juliana Saraqih.