BMKG: Cuaca Mendung Bakal Terjadi pada Sebagian Besar Kota di Indonesia Hari Ini
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan terjadi pada sebagian besar kota di Indonesia dengan suhu berkisar 19 sampai 31 derajat Celcius dan kelembapan udara antara 60 sampai 100 persen.

Dalam laman resmi BMKG, dikutip dari Antara, Sabtu 28 Januari pagi, cuaca berawan berpotensi terjadi di Banda Aceh, Serang, Yogyakarta, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Palangka Raya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Kendari, dan Palembang.

Sementara itu, beberapa kota berpotensi mengalami cuaca cerah berawan di Bengkulu, Gorontalo, Tarakan, Kupang, Padang, dan Medan, serta hanya terdapat cuaca kabut di Pekanbaru dan Bandar Lampung.

Adapun kota-kota besar yang berpotensi mengalami hujan ringan berada di Denpasar, Jakarta Pusat, Samarinda, Ternate, Manokwari, Makassar, dan Manado, serta hanya Mamuju yang mengalami hujan sedang.

Beranjak ke siang hari, sebagian kota besar justru mengalami hujan ringan, yaitu Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Semarang, Surabaya, Palangka Raya, Pangkal Pinang, Mataram, Kupang, Manokwari, Mamuju, Makassar, dan Manado.

Kemudian, beberapa kota yang mengalami hujan sedang berada di Bandung, Pontianak, dan Kendari. BMKG memprakirakan hujan petir terjadi di Banjarmasin dan Lampung.

Sementara itu, kota-kota lain seperti Jakarta Pusat, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Kota Jayapura, dan Palembang mengalami cuaca berawan. Lalu, ada Samarinda, Pekanbaru, Padang, dan Medan yang mengalami cuaca cerah berawan.

Ketika malam hari, BMKG memprakirakan sebagian besar kota di Indonesia mengalami cuaca berawan mulai dari Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Semarang, Samarinda, Ternate, Mataram, Kota Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, Manado, dan Medan.

Dalam prakiraan itu hujan ringan terjadi di Yogyakarta, Bandung, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Makassar, dan Padang. Beberapa kota lainnya seperti Surabaya, Pontianak, Ambon, dan Palembang mengalami hujan sedang, serta hanya Tarakan dan Mamuju yang justru mengalami hujan lebat.

Sedangkan, kota-kota besar lainnya Pangkal Pinang, Kupang, dan Banjarmasin justru diprakirakan mengalami cuaca cerah berawan.