Skywalk Kebayoran Lama Terasa Berguncang Saat Dipadati Orang, Pemprov DKI: Didesain Elastis
Foto: Rizky Adytia Pramana/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Skywalk Kebayoran Lama terasa berguncang bisa dilalui banyak orang. Pemprov DKI Jakarta berdalih skywalk itu memang sengaja didesain elastis.

"Jembatan tersebut memang didesain tidak kaku dan harus elastis," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho dalam pesan singkat, Sabtu, 28 Januari.

Guncangan di Skywalk Kebayoran Lama sangat terasa ketika proses peresmian oleh (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta rombongan pada Jumat, 27 Januari.

Walau terasa berguncang, untuk unsur keamanan tak perlu diragukan. Sebab, tidak ada potensi kerusakan pada kondisi tersebut.

"Secara keamanan, jembatan tersebut sangat aman. Namun memang saat peresmian penuh sekali, sehingga ada goyangan yang terasa," sebut Hari.

Tidak ingin menimbulkan kekhawatiran masyarakat, Hari menyebut pihaknya akan menambah daya tahan terhadap guncangan di permukaan Skywalk Kebayoran Lama. Sehingga, semuanya akan dipastikan aman.

"Ke depannya kita akan lakukan penambahan perkuatan untuk menambah kenyamanan dan mengurangi goyangan tersebut," kata Hari

Foto: Rizky Adytia Pramana/VOI

Adapun, Heru meresmikan Skywalk Kebayoran Lama. Peresmian jembatan layang penghubung tiga moda transportasi ini sempat ditunda beberapa kali.

Rencana awal, Skywalk Kebayoran Lama diresmikan pada 17 Januari, kemudian diundur menjadi 19 Januari, diundur lagi 24 Januari, hingga direalisasikan pada 27 Januari.

Skywalk Kebayoran Lama memiliki panjang 452 meter. Skywalk ini dibangun untuk untuk mengintegrasi dan memudahkan akses pejalan kaki menuju Halte Transjakarta Velbak (koridor 13), Halte Transjakarta Kebayoran Lama (koridor 8), dan Stasiun KRL Kebayoran Lama.

Jembatan ini memiliki tiga elevator dengan kapasitas masing-masing 8 sampai 9 orang, serta 10 unit CCTV di dalam area jembatan dan 3 CCTV di area luarnya. Malam harinya, Skywalk Kebayoran Lama diterangi oleh 215 lampu artistik sorot dan lampu LED untuk penerangan dalam.