43 Ribu Penumpang dari Berbagai Daerah Sudah Tiba, Jakarta Akan Kembali Padat
Ilustrasi penumpang kereta luar kota/ Foto: Bitor Ekin Putra

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 43.700 pengguna kereta api jarak jauh (KAJJ) tiba di sejumlah stasiun kereta area Daop 1 Jakarta pada Rabu, 26 April. Mereka turun di berbagai stasiun berbeda.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 16.400 merupakan penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen. Terdapat 16.200 penumpang turun di Stasiun Gambir, 4.200 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.500 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Berdasarkan data yang diterima, terdapat peningkatan jumlah penumpang hingga 2 kali lipat dari masa normal.

KAI Daop 1 Jakarta juga menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri.

Mayoritas penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Pada masa angkutan lebaran 2023 mulai 12 April (H-10) hingga 3 Mei (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 Juta tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 303 KA. KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang.

Sementara itu, menghadapi momen arus balik lebaran Polres Metro Jakarta Pusat melakukan pengaman mudik hingga H+7 lebaran di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

"Pengamanan direncanakan sampai H+7. Namun kita tentunya melihat volume arus balik yang nantinya akan kembali, sekiranya memang di H+7 sudah dikatakan normal, tentunya pengamanan kita normalkan kembali," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Selasa, 25 April.