KPU Kulon Progo: Syarat Pendaftaran Caleg PDIP-NasDem Lengkap
PAN Kulon Progo tiba di KPU Kabupaten Kulon Progo. (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan persyaratan dokumen pendaftaran bakal calon anggota DPRD kabupaten untuk Pemilu 2024 dari Partai PDI Perjuangan dan NasDem lengkap.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulon Progo Tri Mulatsih mengatakan, memasuki hari kesebelas, tahapan pendaftaran calon qnggota DPRD Kabupaten Kulon Progo untuk Pemilu 2024, KPU Kabupaten Kulon Progo baru menerima pengajuan calon anggota DPRD dari PDI Perjuangan dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Kedua partai datang secara berurutan ke KPU Kabupaten Kulon Progo, bersama dengan calon anggota legislatif beserta simpatisan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen dan mencocokkan dengan pemenuhan persyaratan melalui sistem informasi pencalonan (Silon) pengajuan pendaftarannya dinyatakan lengkap dan diterima," kata Tri Mulatsih di Kulon Progo, Antara, Jumat, 12 Mei. 

Sebagai tanda penerimaan, KPU Kabupaten Kulon Progo menerbitkan berita acara penerimaan dokumen dan menyerahkannya kepada pimpinan partai.

"Selanjutnya, verifikasi administrasi atas kebenaran dan kedalaman dokumen pendaftaran akan dilakukan dari 15 Mei sampai dengan 23 Juni 2023," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kulon Progo Ibah Muthiah mengatakan sejak dibukanya pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kulon Progo untuk Pemilu Legislatif 2024 pada 1 Mei 2023 hingga saat ini baru dua partai politik yang menyerahkan berkas pendaftaran.

"Kami mengimbau mendaftarkan bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024 jangan pada 14 Mei. Kalau bisa pendaftaran dilakukan maksimal 12 Mei karena kalau dilakukan pada 14 Me 2023, sistem informasi pencalonan (Silon) tidak kuat dimasuki pendaftar dari seluruh Indonesia," kata Ibah.

Ia mengatakan pendaftaran yang dilakukan sebelum 14 Mei melalui Silon lebih mudah. Pendaftaran berkas lancar. Misalnya, berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif yang dilakukan secara kolektif langsung diunggah dan disimpan.

"Dengan demikian saat pendaftaran langsung bisa diunggah tanpa kendala," katanya.

Seperti diketahui, hari ini dijadwalkan pendaftaran bakal calon anggota legislatif dari PAN dan PKS.