Libur Iduladha 2023: Ini Prediksi Jumlah Wisatawan yang Bakal Kunjungi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko
Kompleks Candi Prambanan diprediksi bakal dibanjiri ratusan ribu wisatawan selama libur sekolah dan Iduladha 2023. (Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko memprediksi destinasi wisata yang dikelola TWC dikunjungi sebanyak 354.812 wisatawan pada musim libur sekolah dan Iduladha 2023.

"Musim libur sekolah tahun ini destinasi TWC diprediksi dikunjungi sebanyak 354.812 wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," kata Direktur Utama PT TWC Febrina Intan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta seperti dikutip Antara, Minggu.

Menurut dia, kunjungan ini memberikan kontribusi sekitar 53 sampai 71 persen dari kunjungan reguler di hari biasa.

"Destinasi wisata yang dikelola PT TWC meliputi Taman Wisata Candi Borobudur di Jawa Tengah dan Taman Wisata Candi Prambanan serta Taman Wisata Candi Ratu Boko di Kabupaten Sleman, Yogyakarta," katanya.

Situs Keraton Ratu Boko yang merupakan satu kawasan wisata di bawah pengelolaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko. (Wikimedia Commons)

Febriana Intan juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menyukseskan program Pemerintah Indonesia dalam mendukung kebangkitan pariwisata lokal melalui Bangga Berwisata di Indonesia #DiIndonesiaAja.

"Masa libur sekolah bersamaan dengan momentum libur Iduladha diharapkan bisa mendorong aktivitas berwisata masyarakat Indonesia. Mari kita bersama-sama memanfaatkan momentum libur sekolah ini untuk mendorong program-program wisata yang edukatif, kreatif dan rekreatif bagi pengunjung," katanya.

Ia mengatakan, kolaborasi antara pelaku wisata, pemerintah, swasta, institusi pendidikan, dan juga masyarakat di sekitar destinasi sangat membantu menghadirkan pariwisata yang berkesan bagi wisatawan.

"Hal ini tentunya baik untuk mendorong pariwisata Indonesia lebih berkarakter dan berkembang di masa mendatang," katanya.

Terkait