Ganjar Rela Habisi Waktu Berjam-jam Demi Karya Seniman Lokal
Ganjar Pranowo/ Foto: IST

Bagikan:

YOGYAKARTA - Luar biasa! Kalimat itulah yang diucapkan Ganjar Pranowo usai mengunjungi ARTJOG di Museum Nasional Jogja, Minggu, 9 Juli. Berjam-jam waktu dihabiskan Ganjar untuk menikmati karya seni dari para seniman tanah air yang dipamerkan.

Meski seharian berkegiatan di Jogja dan sempat mengikuti event lari, namun semangat Ganjar seolah terisi lagi. Didampingi istri, Siti Atikoh, Ganjar tampak semangat mengelilingi semua sudut museum untuk menikmati ratusan karya seni. Ada yang berbentuk lukisan, foto, seni instalasi, seni pertunjukan dan lainnya.

Matanya selalu berbinar ketika memasuki ruang demi ruang tempat karya seni dipamerkan. Beberapa kali, ia mengeluarkan ponselnya untuk mengabadikan berbagai karya seni yang dipamerkan. Sesekali, Ganjar bertanya tentang maksud karya seni di depannya kepada panitia yang mendampinginya.

"Luar biasa. Karya-karyanya bagus banget," ucapnya saat melihat seni instalasi karya I Made Djirna, seniman asal Bali yang memamerkan koleksi seni instalasi dari batu-batuan.

Karya lukis Goenawan Mohamad yang berjudul Kitab Hantu juga berhasil memikat Ganjar. Lukisan berbagai jenis hantu itu cukup membuat suami Siti Atikoh berdecak kagum.

Ada juga karya-karya Melka Jaarsma, Novi Kristinawati, Ugi Untoro, Dicky Takndare, Kustiyah, Fawlerie dan puluhan seniman top tanah air. Ganjar menikmatinya satu persatu, didampingi panitia yang menjelaskan detail dan makna seni yang ditampilkan.

"Saya senang sekali tadi diantarkan panitia dan menjelaskan satu per satu dari sudut-sudut yang ada. Karya-karya yang ditampilkan sangat luar biasa, ada banyak cerita-cerita yang disajikan," kata Ganjar.

Dari pameran itu, Ganjar mengatakan bahwa banyak sekali karya seni di Indonesia. Jika itu ditampung di museum, tentu museum tidak bisa mencukupi.

"Artinya fasilitas infrastruktur seni nampaknya memang dibutuhkan untuk kawan-kawan seniman itu bisa menampilkan karya-karya yang luar biasa. Seperti event ARTJOG ini," ucapnya.

Dan ternyata, lanjut Ganjar, ARTJOG menjadi event yang selalu ditunggu. Baik oleh para seniman, maupun pecinta seni, semua menantikan festival seni kontemporer yang luar biasa ini.

Terbukti, dalam sehari ada sekitar dua ribu orang yang hadir untuk menikmati karya seni 73 seniman yang terlibat, terdiri dari 51 seniman dewasa serta 22 seniman anak.

"Itu jumlah yang tidak kecil. Artinya mungkin mereka penikmat, mereka seniman, mungkin hanya sekadar menonton ternyata tersedot oleh pameran yang ada di ARTJOG ini. Kalau banyak tempat atau pameran semacam ini, rasanya seniman kita akan tampil dan mereka akan bisa menunjukkan karya-karya hebatnya," pungkasnya.