Patuhi! Aturan Seragam Sekolah SD-SMA Terbaru 2023
Aturan seragam sekolah SD (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pelajar di Indonesia telah masuk sekolah menjalani tahun ajaran baru 2023. Para orang tua sibuk menyiapkan berbagai keperluan bagi anak sekolah yang mulai masuk pada 10 Juli. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah aturan seragam sekolah SD - SMA terbaru. 

Seragam sekolah merupakan perlengkapan wajib yang harus disiapkan oleh orang tua kepada anaknya yang mulai menjalani studi. Aturan baru seragam sekolah jenjang SD hingga SMA telah ditetapkan dalam Permendikbud No. 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah. 

Siswa-siswi harus mematuhi aturan pemakaian seragam sekolah, yang meliputi warna dan model seragam yang harus dikenakan pada berbagai jenjang pendidikan. Seperti apa aturan seragam sekolah SD - SMA terbaru?

Aturan Seragam Sekolah SD-SMA Terbaru 2023

Berikut ini aturan baru pemakaian seragam sekolah jenjang SD hingga SMA yang harus diperhatikan orang tua dan dipatuhi oleh siswa-siswi:

Seragam Nasional

  • Pelajar SD/SLM mengenakan seragam nasional berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.
  • Pelajar SMP/SMPLB mengenakan seragam nasional berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua. 
  • Pelajar SMA/SMALB/SMK/SMKLB mengenakan seragam nasional berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna abu-abu. 
  • Pelajar di Provinsi Aceh mengenakan seragam nasional (seragam kekhususan Aceh) sesuai dengan perundang-undangan di pemerintah daerah.
  • Seragam nasional dipakai paling sedikit setiap Senin dan Kamis serta untuk upacara bendera. Saat upacara, pelajar juga wajib mengenakan atribut topi pet (berlogo Tut Wuri Handayani) dan dasi.  

Seragam Pramuka

Pelajar mengenakan seragam Pramuka pada hari yang telah ditetapkan oleh tiap sekolah. 

Seragam Khas Sekolah

Pelajar mengenakan seragam khas sekolah pada hari yang telah ditetapkan oleh tiap sekolah. Motif seragam khas sekolah menyesuaikan dengan ketentuan sekolah masing-masing. 

Seragam Adat

Pelajar mengenakan pakaian adat pada acara adat tertentu atau sesuai ketentuan sekolah masing-masing. 

Aturan Atribut Seragam Sekolah

Pengenaan atribut seragam sekolah juga telah diatur sebagai berikut:

  1. Badge OSIS sesuai jenjang pendidikan, peletakannya dijahit pada saku kemeja.
  2. Badge merah putih sebagai simbol semangat nasional, peletakannya dijahit pada bagian atas saku kemeja.
  3. Badge nama siswa sebagai identitas personal, peletakannya dijahit pada bagian dada kanan kemeja.
  4. Badge nama sekolah dan nama kabupaten/kota sebagai identitas lembaga dan lokasi geografis, peletakannya dijahit pada lengan kanan kemeja.

Demikianlah ulasan mengenai aturan seragam sekolah SD - SMA terbaru. Dengan memakai seragam sekolah mengikuti aturan yang berlaku, pelajar bisa merasakan kesetaraan dan tidak ada perbedaan ketika menjalani pendidikan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.